MENGKONSTRUKSI ISU SOSIAL KONTEMPORER MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL BERBASIS AKSARA DAERAH

aulia novemy dhita

Abstract


Naskah kuno memiliki potensi besar dalam pembelajaran sejarah lokal. Selain kemenarikan terhadap aksara yang digunakan, naskah kuno mengandung nilai-nilai pembelajaran yang tepat terhadap pendidikan sejarah. Beberapa naskah kuno di Sumatera Selatan pada umumnya yang telah dipublikasikan dan menjadi perhatian para pakar yaitu aksara Ka-Ga-Nga (huruf Ulu), Gelumpai, Syair Perang Menteng, Catatan Harian Raden Haji Abdul Habib dan Simbur Cahaya. Melalui naskah-naskah tersebut isu sosial kontemporer dapat dikonstruksi dengan menerapkan strategi pembelajaran inquiry yang meliputi tahapan orientation, hypothesis, definitions, exploration, evidencing dan generalization. Dengan mengkonstruksi isu sosial kontemporer yang terkandung dalam naskah kuno maka materi pembelajaran sejarah menjadi lebih dekat dengan lingkungan pebelajar dan masalah-masalah sosial kontemporer yang merupakan tantangan besar dunia saat ini dapat dipecahkan bersama.

Kata kunci: Konstruksi, Sosial Kontemporer, Aksara Daerah


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.