PENGARUH PENERAPAN MEDIA ADOBE DIRECTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA

Ruli Septiana Aziza, Supriyanto 60, Alian Sai

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Media Adobe Director Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh penerapan media Adobe Director terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA negeri 1 Indralaya; (2) apakah tidak ada pengaruh penerapan media Adobe Director terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA negeri 1 Indralaya. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh kelas X IPA di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Indralaya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket untuk motivasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji hipotesis data menggunakan uji t. Kecenderungan jawaban angket lebih banyak terdapat pada alternatif jawaban setuju. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung 11,85 dan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh yaitu 1,66. Jadi dapat diketahui thitung>ttabel atau 11,85 > 1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media Adobe Director terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X Sekolah Menengah Atas negeri 1 Indralaya.

Kata Kunci: media Adobe Director, motivasi belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.