Hubungan Stres Kerja dengan Kinerja Perawat Pelaksana dalam Melaksanakan Pelayanan Keperawatan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Anutapura Palu

Fajrillah Fajrillah, Nurfitriani Nurfitriani

Abstract


Tujuan: Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  hubungan  stres  kerja dengan  kinerja  perawat  di Ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Anutapura Palu.

Metode: Jenis  penelitian  ini  kuantitatif  dengan  metode Corelational  Analysis dengan  pendekatan  Cross Sectional. Sampel penelitian adalah perawat di ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Anutapura Palu yang dipilih dengan caraTotal sampling. Variabel independen yaitu stres kerja perawat diukur dengan kuisioner dan variabel dependen kinerja perawat diukur dengan kuisioner.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden mengalami stres kerja dalam kategori tinggi (54,8%) dan kinerja perawat sebagian besarnya   termasuk dalam kategori kurang baik (83,3%). Berdasarkan hasil  uji  Chi-Square didapatkan  ada  hubungan  yang  signifikan  antara  stres  kerja  dan  kinerja perawat  (p-value=0,031 dan OR = 0,117).

Simpulan: Kesimpulan dari penelitian ini dari hasil penelitian yang dilakukan mulai tanggal 20 april  – 05 mei  2015   menunjukkan   ada  hubungan  antara  stres kerja dengan  kinerja  perawat  pelaksana  dalam melaksanakan  pelayanan  keperawatan. Dengan  demikian,  disarankan  untuk  para  perawat  agar  lebih mengantisipasi atau menyelesaikan stres yang dialami dengan mekanisme koping yang adaptif sehingga tidak berpengaruh  negative  pada  pelayanan  keperawatan  yang  sesuai dengan  standar  asuhan  keperawatan profesional.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.