Implementasi Self Care Model dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Gagal Ginjal Kronik

Sofiana Nurcahyati, Darwin Karim

Abstract


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi implementasi self care model dalam upaya meningkatkan kualitas hidup pasien GGK.

Metode: Populasi penelitian ini adalah pasien GGK yang menjalani HD secara reguler sebanyak 116 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 30 orang sesuai dengan kriteria inklusi ; berusia minimal 18 tahun, tidak mengalami komplikasi penyakit kronis, mampu berkomunikasi, dapat melakukan ADL. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pengambilan data secara retrospektif dan prospektif.

Hasil: Penelitian ini diperoleh hasil jenis kelamin terbanyak laki-laki 17 orang (56,7%), usia terbanyak lansia awal (46-55 tahun) sebanyak 17 orang (56,1%), lama HD terbanyak <1 tahun 11 orang (36,3%). Setelah dilakukan implementasi self careselama 4 minggu terdapat peningkatan skor rata-rata kualitas hidup pada
pasien gagal ginjal kronik dari sebelumnya nilai 68 menjadi 73.

Simpulan: Pasien GGK perlu diberikan perawatan melalui implementasi self care model agar kualitas hidupnya meningkat sehingga memiliki harapan hidup yang lebih baik.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.