Analisis Kualitas Pelayanan Puskesmas Terhadap Kepuasan Ibu Hamil Di Kota Pangkalpinang Tahun 2015

fitri mawarti, Fauziah Nuraini K, M Husni Thamrin

Abstract


Latar Belakang : Salah satu penyebab belum tercapainya target penurunan AKI di Indonesia yaitu adanya kontribusi kematian ibu di Kota Pangkalpinang. Puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan utama yang harus menyediakan pelayanan kesehatan dasar berkualitas termasuk pelayanan kesehatan ibu hamil. Kualitas pelayanan ibu hamil dimonitoring melalui cakupan K4 tetapi survei kualitas terhadap kepuasan ibu hamil belum pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk menilai kualitas pelayanan puskesmas terhadap kepuasan ibu hamil di Kota Pangkalpinang dengan pendekatan servqual. Metode: deskriptif kuantitatif dengan menggunakan  analisis gap RATER untuk mengetahui kualitas pelayanan dan uji anova untuk mengetahui perbedaan layanan di puskesmas. Jumlah sampel sebanyak 315 ibu hamil yang diambil berdasarkan quota sampling di sembilan Puskesmas Kota Pangkalpinang.Hasil:didapatkan nilai gap dimensi servqual bernilai negatif dan nilai penggolongan servqual < 1 di seluruh puskesmas. Adanya perbedaanyang signifikan antara gap dimensi tangible (p=0,000),reliability (p=0,001) dan responsiveness (p=0,000) serta kualitas pelayanan keseluruhan puskesmas (p=0,007). Kesimpulan: kualitas pelayanan puskesmas terhadap kepuasan ibu hamil di Kota Pangkalpinang kurang baik.Terdapat perbedaan pada tangible, reliability dan responsiveness antar Puskesmas yang ada di Kota Pangkalpinang.Puskesmas perlu memberikan perhatian lebih pada area yang menimbulkan ketidakpuasan dan meningkatkan kinerjanya.

References


Fawole, Adeniran O. Okunlola, Michael A. dan Adekunle, Adeyemi O. Clients' Perceptions of the Quality of Antenatal Care; Journal Of The National Medical Association Vol. 100, No. 9, September 2008.

Ekott,M.I., Ovwigho.U., Ehigiegba.A, Fajola.A, Fakunle.B., 2012. Perception of Pregnant Women About Antenatal Care in Cottage Hospital in Port Harcourt, Nigeria. Springer Science + Business Media New York 2012, J Commuunity Health (2013) 38:360-365 DOI 10.1007/s10900-012-9625-1.

Endra, Teja.Kajian Hubungan Kausal Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Penyedia Layanan Akses Broadband: Studi Kasus Layanan Catv, Internet, Dan Kombinasinya Dari Pt. First Media, Tbk. Jurnal TELEMATIKA MKOM, Vol.2 No.1,Maret 2010. ISSN 2085-725X

Solang, Sisca., Lohoraung, Anastance., dan Purwandari, Atik. Hubungan Kepuasan Pelayanan Antenatal Care Dengan Frekuensi Kunjungan Ibu Hamil Di Puskesmas Kombos Kecamatan Singkil Kota Manado. GIZIDO Volume 4 No. 1 Mei 2012349-357.

Paat, Hizkia. Kualitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan (Studi Tentang Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Motoling). JURNAL POLITICO. Vol 1, No 4 (2014).

Suryadi, Yadi. Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Layanan Antenatal Care (ANC) terhadap Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Lamepayung Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat Tahun 2009. Tesis (tidak terpublikasi).

Mursyida,Rikhly Faradisy., Mawarni Atik., dan Agushybana, Kepuasan ibu hamil dan persepsi kualitas pelayanan antenatal care di puskesmas tanjung kabupaten sampang Madura. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. Vo.11/No.2, Oktober 2012.

Erlina, Ellis. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang Tahun 2011. Tesis (tidak terpublikasi)

Hardianti, Umrah., Amir, Muh.Yusran. dan Balqis. Faktor yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Antenatal di Puskesmas Patinggalloa Makassar. Jurnal AKK Vol 2. Nomor 2, Mei 2013, hal 35 – 41.

Kusumastuti, Mumpuni S., Sriatmi, Ayun., dan Jati, Sutopo Patria. Analisis Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Antenatal Terhadap Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Masyarakat (3-journal) Volume 2, Nomor 4, April 2014.

Shahin, A. SERVQUAL and Model of Service Quality Gaps: A Framewoek for Determining and Prioritizing Critical Factors in Delivering Quality Services. 2008 [cited 2009 10 August].

Wijaya, Toni. Manajemen Kualitas Jasa : Desain Servqual, QFD, dan Kano Disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian. PT. Indeks. Jakarta: hal. 75.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A, and Berry, L.L. (1994) “SERVQUAL: A multiple item scale for measuring customer perceptions of service quality”. Journal of Retailing, vo. 64, pp.12-40.

Tjiptono, Fandy., Chandra, Gregorious. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Ed.3.Andi Yogyakarta: hal 319.

Narang, Ritu. Determining quality of publichealth care services in rural India; Clinical Governance: An International Journal Vol. 16 No. 1, 2011 pp. 35-49.

Majrooh, MA., Hasnain, Seema., Akram. Javaid., Siddiqui, Arif., and Memon, Zahid Ali. 2014. Coverage and Quality of Antenatal Care Provided at Primary Health Care Facilities in the Punjab Province of Pakistan. Plos One November Volume 9 DOI : 10.371/journal.pone.0113390.

Pohan, Imbalo S. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta : EGC.2007.

Sistiarani, Colti., Gamelia, Elviera., dan Sari, Dyah UP. 2014. Fungsi Pemanfatan Buku KIA terhadap Pengetahuan Kesehatan Ibu dan Anak Pada Ibu. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 8. No.8 Mei 2014.

Ramadhani, Firdausi. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Cakupan Antenatal Care oleh Bidan di Wilayah Kerja Puskesmas Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Masyarakat Epidemiologi Indonesia Volume 2, Nomor 2, Januari-Juni 2013 hal. 92-97.

Irwandy; Perdana, Nurdin; Rislamind, Dian S. Analisis Disparitas Kualitas Pelayanan Puskesmas di Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal AKK, Vol.2 No.1, Januari 2013, halaman 42 -50.

Sitorus, Leonard Presley. Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan (Kajian pada Puskesmas Merdeka dan Puskesmas 23 Ilir Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang). Manajemen Administrasi Publik, Program Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya, 2011. Tesis. (tidak terpublikasi).


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN (Offline) : 24067431

Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya
Jl. Dr. Moehammad Ali Kompleks RSMH Palembang 30126, Indonesia
Telp. 0711-352342, Fax.: 0711-373438, email: fkunsri@yahoo.com