Analisis Pengaruh Motivasi, Pengetahuan, dan Sikap Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Penggunaan Orthodonsi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Palembang

Mujiyati Mujiyati, Zakaria Wahab

Abstract


Penelitian  dilakukan pada siswa kelas X dan XI SMA Negeri di Kota Palembang yang menggunakan orthodonsi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh motivasi, pengetahuan dan sikap konsumen secara parsial dan simultan terhadap pengambilan keputusan dalam penggunaan orthodonsi pada siswa SMA Negeri di Kota Palembang.

Desain penelitian yang dipakai adalah konklusif causal  dan analisa data menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri di Kota Palembang yang berjumlah 22 sekolah. Teknik pengambilan sampel dilakukan berdasarkan metode penarikan sampel acak sederhana dengan mengambil 1/3 dari jumlah populasi yaitu 8 (delapan) SMA Negeri di Kota Palembang. Responden  berjumlah 305 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan jenis data adalah data primer. Teknik skala pengukuran menggunakan skala Likert. Teknik Analisa data menggunakan analisa regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan variabel motivasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dan secara simultan variabel motivasi (X1), pengetahuan (X2) dan sikap (X3) berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan (Y) dalam penggunaan orthodonsi pada siswa SMA Negeri di Kota Palembang sebesar 68,5%, sedangkan 31,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

References


Eka.2012. Perawatan dan Jenis Kawat Gigi. (http://balidental.blogspot/ com/2012/10/perawatan-dan-jenis-kawat- gigi.html, diakses 15 Oktober 2012).

Schiffman,L. and Kanuk,L.L. 2008. Perilaku Konsumen (Edisi ke-7). Terjemahan oleh: Zoelkfli Kasip. PT.Indeks, Jakarta, Indonesia.

Peter,J.P. and Olson,J.C. 2013. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran, (Edisi ke-9). Terjamahan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Salemba Empat. Jakarta, Indonesia.

Ice.2013.MotivasiPemasanganOrthodontic.(http://iceclearbraces.com/index.php, diakses 12 September 2013).

Saputra,R. dan Semuel,H. 2013. Analisa Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 1: 1-12.

Wahyuni,U.D. 2008. Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda di Kawasan Surabaya Barat. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.Vol.10:30-37


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN (Offline) : 24067431

Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya
Jl. Dr. Moehammad Ali Kompleks RSMH Palembang 30126, Indonesia
Telp. 0711-352342, Fax.: 0711-373438, email: fkunsri@yahoo.com