Pengaruh Karakteristik dan Kapabilitas Individu Serta Karakteristik Organisasi terhadap Persepsi Kinerja Perawat Perkesmas di Puskesmas Kota Palembang

Lela Harmiyati, Fauziah Nuraini Kurdi, Sulastri Sulastri

Abstract


Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas ) merupakan salah satu upaya program pengembangan puskesmas yang kegiatannya terintegrasi dalam upaya kesehatan wajib dan upaya kesehatan pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik dan kapabilitas individu, serta karakteristik organisasi  terhadap persepsi kinerja perawat perkesmas di puskesmas kota Palembang.  Penelitian ini merupakan penelitian  analitik  dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat perkesmas di puskesmas, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi berjumlah 78 orang perawat perkesmas di 39 puskesmas.  Analisis data univariat untuk menggambarkan karakteristik responden, bivariat menggunakan uji chi square dan regresi logistik ganda.

Analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan antara masa kerja dengan kinerja (p=0,000), kepemimpinan dengan kinerja (p=0,001), kompensasi dengan kinerja (p=0,014), beban kerja dengan kinerja (p=0,000), pengetahuan dengan kinerja (p=0,003), sikap dengan kinerja (p=0,000), keterampilan dengan kinerja (p=0,000), sedangkan yang tidak berhubungan kinerja adalah umur, jenis kelamin, status perkawinan, pendidikan dan budaya kerja.

Beban kerja baik akan menghasilkan kinerja baik 6 kali dibanding beban kerja kurang baik.  Pengetahuan baik akan menghasilkan kinerja baik 7 kali dibanding dengan pengetahuan kurang baik. Sikap baik akan menghasilkan kinerja baik 37 kali dibanding dengan sikap kurang baik. Sedangkan keterampilan baik akan menghasilkan kinerja baik 6 kali dibanding dengan keterampilan kurang baik. Kesimpulan penelitian ini diharapkan kepada perawat Perkesmas di Puskesmas agar mempunyai sikap yang baik dalam melaksanakan program perkesmas untuk meningkatkan kinerja agar optimal sesuai yang diharapkan

References


Depkes RI, 2006. Pedoman Kegiatan Perawat Kesehatan Masyarakat di Puskesmas, Jakarta.

Arikunto, S., 1996. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi III. Cetakan X. Jakarta : Rineka Cipta.

Dinas Kesehatan Kota Palembang, 2014. Laporan Tahunan Bidang Pelayanan Kesehatan

Surani, E., 2008. Analisis Karakteristik Individu dan Faktor Instrinsik yang Berhubungan dengan Kinerja Bidan Pelaksana PKD dalam Pelayanan Kesehatan Dasar di Kabupaten Kendal Tahun 2007. Tesis. Semarang. Universitas Diponegoro.

Mangkuprawira, S., 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Firmansyah, M., 2009. Pengaruh Karakteristik Organisasi terhadap Kinerja Perawat dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan untuk Membantu Promosi Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Sigli. Tesis. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Andriani, 2012. Hubungan Budaya Organisasi dan Karakteristik Perawat dengan Kinerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukit Tinggi Tahun 2012. Tesis. Universitas Andalas.

Muzaputri, G., 2008. Hubungan karakteristik individu dan faktor organisasi dengan kinerja perawat di RSUD Langsa NAD. Tesis. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Siagian, (1992)., Organisasi, Kepemimpinan, dan Perilaku, Cetakan ke 8, CV. Massagung, Jakarta.

Nurmaningsih, 2012. Hubungan Beban Kerja Perawat Terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Dalam Pemberian Pelayanan Kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Faisal Makasar. Tesis. Makasar.

Green, L.W., Kreuter, M.W., S.G., & Partrige, K.B. (1980). Health education planning: a diagnostic approach. California: Mayfield Publising Caompany.

Nurmalis, 2007. Evaluasi pelaksanaan perawatan kesehatab masyarakat oleh bidan desa di kabupaten Agam. Tesis. Yogyakarta: Uniersitas Gajah Mada.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN (Offline) : 24067431

Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya
Jl. Dr. Moehammad Ali Kompleks RSMH Palembang 30126, Indonesia
Telp. 0711-352342, Fax.: 0711-373438, email: fkunsri@yahoo.com