Strategi Peningkatan Kinerja dengan Metode Balanced Scorecard di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ogan Ilir

Siti Fatimah, Fauziah Nuraini Kurdi, M Husni Thamrin

Abstract


Pengukuran kinerja adalah penentuan secara periodik efektifitas operasional suatu organisasi, bagan organisasi, dan karyawannya berdasarkan sasaran standar dan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Salah satu metode pengukuran kinerja yang mengaitkan strategi didalam penerapannya adalah metode Balanced Scorecard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja RSUD Kabupaten Ogan Ilir ditinjau berdasarkan empat perspektif dalam metode Balanced Scorecard yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan, serta mengaplikasikan metode Balanced Scorecard pada penyusunan strategi peningkatan kinerja di RSUD Kabupaten Ogan Ilir. Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif dengan pengkombinasian dua metode (kualitatif dan kuantitatif) dalam satu penelitian. Jumlah sampel sebanyak 46 orang pegawai dan 110 orang pasien sebagai responden penyebaran kuesioner. Hasil penelitian didapatkan kinerja perspektif pelanggan dengan nilai 41,6% termasuk dalam kondisi kurang baik, perspektif keuangan dengan nilai 50% kondisi kurang baik, perspektif proses internal dengan nilai 32,3% kondisi kurang baik, dan perspektif pembelajaran & pertumbuhan dengan nilai 41,6% kondisi kurang baik. Kinerja RSUD Kabupaten Ogan Ilir dengan nilai Total Skor 41,44% termasuk dalam kondisi kurang baik. RSUD Ogan Ilir perlu meningkatkan kinerja dengan sasaran strategis perspektif pelanggan yaitu meningkatkan kepuasan pasien, loyalitas pasien, dan meningkatkan kunjungan pasien. Sasaran strategis perspektif proses bisnis internal; inovasi layanan, meningkatkan mutu proses layanan, meningkatkan kinerja operasional. Sasaran strategis pespektif keuangan; pertumbuhan pendapatan, dan minimalisir biaya. Sasaran strategis perspektif pembelajaran dan pertumbuhan; meningkatkan kepuasan karyawan, komitmen, motivasi dan kapabilitas karyawan.

References


Mulyadi. (2007). Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT.Salemba Emban Patria.

Niven, P. R. (2007). Balanced Scorecard Diagnostics. Mempertahankan Kinerja Maksimal. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Gaspersz, V. (2006). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah.. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Malhotra, N.K. (2005). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. Edisi Keempat, Jakarta: PT.Indeks Kelompok Gramedia.

Parwanto. (2005). Pengaruh Faktor-Faktor Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pusat Pendidikan Komputer Akuntansi Imka Dl Surakarta. Jurnal Akuntansi dan Manajemen . Vol. 2

Wijaya, Toni. (2011). Manajemen Kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano Disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian. PT. Indeks. Jakarta

Yaniwarti. (2004). Kinerja Instalasi Rawat Inap Utama dengan Pendekatan Balanced Scorecard di Rumah Sakit Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2004. Tesis Program Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Sulistyaningrum, Indriyati Hadi. (2013). Analisis Kinerja Instalasi Farmasi RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Manajemen Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada.

Suryanegara, Fithria Dyah Ayu. (2009). Pemetaan Strategi di Instalasi Farmasi RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Program Studi S2 Ilmu Farmasi Universitas Gadjah Mada.

Prasetiyatno, Rahmad Hidayat. (2011). Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard. Jurusan Teknik Industri Universitas Trunojoyo Madura.

Rangkuti, F. (2011). SWOT Balanced Scorecard; Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif plus Cara Mengelola Kinerja dan Resiko. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Depdagri. (1997). Kepmendagri No.690.900.327. 1996. Pedoman Penilaian dan Kinerja Keuangan.

Depkes RI. (2005). Rencana Strategi Departemen Kesehatan. Jakarta: Depkes RI.

Pohan, Imbalo S. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakaarta : EGC.

Buana, I Gede Ngurah. (2007). Pengukuran Kinerja RSU Manuaba dengan Konsep Balanced Scorecard. Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Manajemen Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN (Offline) : 24067431

Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya
Jl. Dr. Moehammad Ali Kompleks RSMH Palembang 30126, Indonesia
Telp. 0711-352342, Fax.: 0711-373438, email: fkunsri@yahoo.com