DAMPAK PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Sugiman Sugiman, Yaya S. Kusumah

Abstract


Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui dampak daripendidikan matematika realistik (PMR) terhadap peningkatankemampuan pemecahan masalah matematik (KPMM). Desain penelitianyang digunakan adalah kelompok kontrol non-ekuivalen dengan subjekpopulasi seluruh siswa SMP di Kota Yogyakarta yang berasal darisekolah level rendah (C), sedang (B), dan tinggi (A). Dari masing-masinglevel sekolah diambil satu sekolah kemudian dari setiap sekolah yangterambil diambil satu kelas eksperimen yang mendapat PMR dan satukelas kontrol yang mendapat pembelajaran biasa (PB). Instrumen yangdigunakan berupa dua set tes KPMM yang setara. Analisis datamenggunakan uji-t dan Anava. Hasil penelitian yang diperoleh adalah:(1) peningkatan KPMM siswa PMR lebih tinggi daripada peningkatanKPMM siswa PB pada keseluruhan siswa dan semua level sekolah; (2)peningkatan KPMM siswa PMR paling tinggi terjadi pada sekolah levelA; dan (3) tidak ada interaksi antara pembelajaran dengan level sekolahdalam peningkatan KPMM.

Kata Kunci: pendidikan matematika realistik, pemecahan masalahmatematik

 

DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jme.1.1.793.41-52


References


Balitbang-Depdiknas.(2007). Rembug Nasional Pendidikan Tahun 2007. Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional.

Bell, F.H. (1978). Teaching and Learning Mathematics (in Secondary Schools). Second Printing. Dubuque, Iowa: Wm. C. Brown. Company.

Branca, N.A. (1980). “Problem Solving as a Goal, Process, and Basic Skill”. Problem Solving in School Mathematics. Editor: Krulik, S. and Reys, R.E. Reston: NCTM.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum 2006: Standar Isi Mata Pelajaran Matematika untuk SMP/MTs. Jakarta: Depdiknas.

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Freudenthal Institute. Utrecht: CDβ Press.

Hadi, S. (2000). Teori Matematika Realistik, The Second Tryout of RME-based INSET 2000. University of Twente. Enschede: Tidak diterbitkan.

Hadi, S. (2002). Effective Teacher Professional Development for Implementation of Realistic Mathematics Education in Indonesia. Dissertation of University of Twente. Enschede: PrintPartners Ipskamp.

Kaur, B. (2004). Teaching of Mathematics in Singapore Schools. [Online]. Paper Presented at ICME – 10 Copenhagen, Denmark. 2004. Tersedia: home.sandiego.edu. [4 Maret 2009].

Kusumah, Y. S. (2008). Konsep, Pengembangan, dan Implementasi Computer-Based Learning dalam Peningkatan Kemampuan High-Order Mathematical Thinking. Pidato Pengukuhan Guru Besar pada Universitas Pendidikan Indonesia, 23 Oktober 2008.

Mavugara, S. (2005). Teaching for Mathematical Literacy in Secondary and High Schools in Lesotho: A Didactic Perspective. Dissertation of The University of The Free State, Bloemfontein.

Romberg, T.A. (1994). Classroom Instruction that Foster Mathematical Thinking and Problem Solving: Connections between Theory and Practice. In Mathematical Thinking and Problem Solving. Editor: Schoenfeld, A.H. Hove: Lawrence Erlbaum Associates.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Streefland, L. (1990). Realistic Mathematics Education (RME). What Does It Mean? In Contexts Free Productions Tests and Geometry in Realistic Mathemtics Education. Editor Gravemeijer, K. et al. Utrecht: OW & OC.

Yamada, S. (1977). The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Editor: Becker, J.P. and Shimada, S. Reston: NCTM.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal on Mathematics Education
Program S3 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139
email: rully.jme@gmail.com

p-ISSN: 2087-8885 | e-ISSN: 2407-0610
Journal on Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats

Indexed in: