DESAIN PEMBELAJARAN PROPORSIONAL DALAM PECAHAN MENGGUNAKAN PITA-GORES DI KELAS III

Ida Suramun Husna, Yusuf Hartono, Darmawijoyo Darmawijoyo

Abstract


Penelitian ini berjenis desain research. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar proporsional dalam pecahan menggunakan pita-gores. Penelitian ini menggunakan pendekatan “Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)”. 25 siswa kelas III B SD Negeri 1 Awal Terusan dilibatkan dalam penelitian ini. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary design, design experiment (pilot experiment &teaching experiment), dan retrospective analysis. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan mengumpulkan pekerjaan siswa serta pengambilan foto dan video dari aktivitas siswa. HLT yang telah didesain dibandingkan dengan aktifitas belajar siswa (ALT) selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis retrospektif dapat disimpulkan bahwa lintasan belajar siswa dengan menggunakan pita-gores di kelas III yang didesain telah membantu siswa memahami proporsional dalam pecahan.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.11.2.3588.


Keywords


design reseacrh, proporsional, pecahan, pita-gores, PMRI

References


Armanto, D. (2002). Teaching Multiplication and Division Realistically in Indonesian Primary Schools: A Prototype of Local Instructional Theory. Enschede: Thesis University of Twente.

Bakker, A. (2004). Design Research in Statistics Education: On Symbolizing and Computer Tools. Utrech: Frudenthal Institute.

Gartland, K. (2014). Integrating the Common Core in Mathematics. Huntington Beach, CA: Shell Educational Publishing, Inc.

Mamede, E., Nunes, T., & Bryant, P. (2005). The Equivalence And Ordering Of Fractions In Partwhole And Quotient Situations. Proceeding of the 29th conference of the international group. 3, hal. 281-288. Melbourne: psychology of mathematics educatiob.

Mariani, S. (2010). Pengajaran Konsep Pecahan dan Kabataku Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(2), 119-129.

NCTM.(2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nieveen, N., McKenney, S., & van den Akker, J. (2006). Educational Design Research: The Value of Variety. Dalam J. van den Akker, K. Gravemeijer, S. McKenney, & N. Nieveen, Educational Design Research (hal. 151-158). London and New York: Routledge Taylor and Francis Group.

Sembiring, R., Hoogland, K., & Dolk, M. (2010). A Decate of PMRI in Indonesia. Bandung, Utrecht: Ten Brink, Meppel.

Soedjadi, R. (2007, Juli). Inti Dasar-dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-10.

Streefland, L. (1991). Faction in Realistic Mathematics Education: A Paradigm of Develompmental Research. Netherlands: Kluwer Academic Publisher.

Ullya, Zulkardi, & Ilma, R. (2010, Desember). Desain Bahan Ajar Penjumlahan Pecahan Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 23 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 86-96.

Van De Walle, J. A. (2008). Sekolah Dasar dan Menengah Matematika Pengembangan Pengajaran Jilid 2 (6 ed.). (S. Gugi, L. Simarmata, Penyunt., & Suyono, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Van Galen, F., Feijs, E., Figueiredo, N., Gravemeijer, K., Van Herpen, E., & Keijzer, R. (2008). Fractions, Percentages, Desimal, and Proportions. The Netherlands: Sense Publisher.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistic: Suatu Alternative Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wu, H. (2002). Chapter 2: Fractions (Draft). Berkeley: University of California.

Zulkardi & Ilma. (2006). Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Prosiding in Konferensi Nasional Matematika ke 13 (hal. 1-7). Semarang: Indonesia.

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education fo Indonesian Student Teachers. Enschede: Twente University.


Full Text: PDF


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm.unsri@gmail.com

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

shopify analytics ecommerce

View JPM Stats


Indexed in: