PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN PEMODELAN MATEMATIKA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII

Puji Astuti, Yusuf Hartono, Hanifah Bunayati, Indaryanti Indaryanti

Abstract


National Council of Teacher of Mathematics (NCTM) menyebutkan lima kemampuan dasar matematika, yaitu pemecahan masalah, penalaran dan bukti, komunikasi, koneksi, dan representasi. Dalam upaya mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa, peneliti menggunakan pendekatan pemodelan matematika dalam pembelajaran matematika di Kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid dan praktis berbasis pendekatan pemodelan untuk melatih kemampuan koneksi matematis siswa. Analisis dokumen menunjukkan kevalidan dan kepraktisan LKS. Data hasil tes menunjukkan efek potensial dengan kategori kemampuan koneksi siswa: 66 kategori baik, berkategori “cukup”, dan kategori “kurang” sebesar . Kemunculan indikator paling tinggi adalah indikator pertama yaitu mengenali dan menggunakan hubungan antar ide-ide dalam matematika. Sedangkan kemunculan indikator paling rendah adalah mengenali dan mengaplikasikan matematika di bidang studi lain atau kehidupan sehari-hari.


Keywords


Connections, mathematics modelling approach

References


Ang, K. C. (2001). Teaching mathematical modelling in Singapore school. Diakses dari http://math.nie.edu.sg/kcang/TME_paper/teachmod.html.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas

Kusuma, D. A. (2008). Meningkatkan kemampuan koneksi matematik dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Diakses dari http://pustaka.unpad.ac.id/wp.content/uploads/2009/06/meningkatk ankemampuan-koneksi-matematik.pdf.

Maulana, A.S. (2013). Penerapan strategi React untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Skripsi UPI Bandung: tidak diterbitkan

Mikovch, A.K. and Monroe, E.E. (1994). Making mathematical connection across the curriculum: activities to help teachers begin. School Science and matematics, 94(7).

Nadiah. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Pemodelan Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linier Di SMAN 18 Palembang. Palembang: Universitas Sriwijaya.

NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.

Ruspiani.(2000). Kemampuan Siswa dalam Melakukan Koneksi Matematika. Tesis PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan

Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations. London: Kogan Page.

Wulandari, W., Darmawijoyo, Hartono, Y. (2016). Pengaruh pendekatan pemodelan matematika terhadap kemampuan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1).

Zulkardi, (2002). Developing a learning environment on realistic mathematics education for Indonesian student teachers. Disertasi. Diakses dari: http://projects.edte.utwente.nl/ cascade/imei/dissertation/diser tasi/html.


Full Text: PDF


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm.unsri@gmail.com

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

shopify analytics ecommerce

View JPM Stats


Indexed in: