PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM RESERVASI ONLINE UNTUK LAYANAN KEBUN RAYA PURWODADI-LIPI

Diah Harnoni Apriyanti, Andarta Fardhanul Khoir

Abstract


Abstrak
Pemerintah di bawah komando KemenPANRB, saat ini sedang gencar mendorong instansi-instansi pemerintah di bawahnya untuk meningkatkan pelayanan kepada publik. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, salah satu inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Kebun Raya Purwodadi adalah menyediakan sistem pemesanan/reservasi layanan secara online. Sistem ini dapat dikategorikan juga sebagai salah satu e-government di bidang perkebunrayaan. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem reservasi online yang mudah digunakan oleh pengunjung Kebun Raya Purwodadi. maupun pihak internal Kebun Raya Purwodadi dalam melakukan kontrol dan rekapitulasi terhadap layanan-layanan yang telah dipesan. Sistem reservasi online ini dikembangkan menggunakan metodologi SDLC (System Development Life Cycle) dengan pendekatan model spiral. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan MySQL, sedangkan tahap pengujian sistem menggunakan pengujian blackbox. Hasil yang diperoleh adalah Sistem Reservasi Online Kebun Raya Purwodadi yang telah berhasil dibangun dan telah digunakan oleh masyarakat.
Kata kunci: Reservasi online, inovasi pelayanan publik, e-government, PHP, MySQL, SDLC


Abstract
The government under the command of KemenPANRB, push the government agencies under it to improve services to the public. To meet these demands, one of the public service innovation that was made by Purwodadi Botanic Garden is providing an online reservation system. This system can be categorized as one of the e-government in the field of botanic garden. The purpose of this research are to build the online reservation system that easy to use by visitors and the internal staff of Purwodadi Botanic Garden to control and recapitulate the services that have been booked. This online reservation system was developed using SDLC (System Development Life Cycle) methodology with spiral model approach. The programming language that was used was PHP and MySQL, while the system testing phase was using blackbox testing. Online Reservation System at Purwodadi Botanic Garden has been succesfully built and used by the public.
Keyword: online reservation, public service innovation, e-government, PHP, MySQL, SDLC


Full Text: 1025-1037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Flag Counter