Pendekatan model role play dalam upaya meningkatkan hasil belajar teknik passing sepak bola

Hendri Suwignyo, Andy Widhiya Bayu Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik passing sepak bola dengan model role play di SD Negeri Margomulyo IV Bojonegoro kelas V mata pelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi materi sepakbola. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak satu kali siklus dengan jumlah 12 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Untuk  teknik pengumpulan data yang sedang dilakukan oleh peneliti yaitu melalui observasi, dan tes. Berdasarkan pelaksanaan tes awal pada aspek sikap (afektif) mendapatkan nilai rata-rata 78 (tuntas), aspek pengetahuan (kognitif) mendapatkan nilai rata-rata 80 (tuntas), dan aspek keterampilan (psikomotor) mendapatkan nilai rata-rata 55 (belum tuntas), sehingga dilakukan siklus I untuk memperbaiki perolehan nilai pada aspek keterampilan (psikomotor) setelah dilakukan siklus I pembelajaran dengan model bermain peran (role play) maka diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 78 (tuntas) sehingga secara umum menunjukan terjadi peningkatan yang signifikan dan tidak perlu berlanjut pada siklus II. Maka, penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Roleplay, Mengumpan, Sepak Bola

Full Text:

PDF

References


Agung, Anak, and Istri Kristiana. 2020. “Meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual.”Mimbar Ilmu 25(3):449–59. doi:http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i3.26388

Anggraini, Wardah, and Anggi Darma Putri. 2019. “Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun.” JECED : Journal of Early Childhood Education and Development 1(2):104–14. doi: https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466

Anshar, Darussalam Al. 2018. “Pengaruh metode drill terhadap kemampuan teknik dasar passing sepakbola siswa Sekolah Sepakbola ( Ssb ) Sheva Sukakersa.” 154–57. Sukabumi: Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Aprianova, Farid. 2017. “Metode drill untuk meningkatkan teknik dasar menggiring bola ( dribbling ) dalam permainan sepakbola pada siswa sekolah sepakbola putra zodiac kabupaten Bojonegoro usia 13-15 tahun.” Jurnal Kepelatihan Olahraga 1(1):63–74.

HENNY PURWOKO, ANDRIAN. 2016. “Pengaruh penerapan model bermain peran terhadap hasil belajar passing sepak bola Sdn Kepanjen 2 Jombang.” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 3(2):473–78. ISSN: 2338-7981

Jana, Padrul, and Bayu Pamungkas. 2018. “Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru Sd Negeri Guwosari.” Abdimas Dewantara 1(1):39. doi: https://doi.org/10.30738/ad.v1i1.2289.

Jane Gresia Akollo, Tiffany Adriana Wattilete, Delkia Lesbatta. 2020. “Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam mengembangkan empati pada anak usia 5-6 tahun application of role playing method in developing empathes in children aged 5-6 years 1.” Didaxei : Jurnal Pendidikan 1(1):41–52. doi: https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466

Kristin, Firosalia. 2018. “Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ips.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 8(2). doi: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356.

Kustiawa, Andri Arif, Aba Sandi Prayoga, Arief Nur Wahyudi, and A. W. B. Utomo. 2019. “Peningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif menggunakan modifikasi alat bantu pembelajaran sederhana di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 15(1):28–32. doi: https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25488.

Kuswoyo, Dilli Dwi, Harry Pramono, and Achmad Rifai Rc. 2017."Konsentrasi dan motivasi terhadap kinerja wasit Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia provinsi Sumatera Selatan"Journal of Physical Education and Sports6(3):241–47. doi: https://doi.org/10.15294/JPES.V6I3.20587

Marwah, Siti Shafa, Makhmud Syafe’i, and Elan Sumarna. 2018. “Relevansi konsep pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara dengan pendidikan islam.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 5(1):14. doi: https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13336.

Mashuri, Hendra, Ika Cahya Puspitasari, and Shofi Maulana Abadi. 2019. "Pendidikan Jasmani Dan Olahraga: Sebuah Pandangan Filosofi".3 Oktober 2019, Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Nurhasanah, Ismawati Alidha, Atep Sujana, and Ali Sudin. 2016. “Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan mahluk hidup dengan lingkungannya.” Jurnal Pena Ilmiah.1(1):611–20. doi: https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2992.

Prihantoro, Agung, and Fattah Hidayat. 2019. “Melakukan penelitian tindakan kelas.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 9(1):49–60. doi: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283.

Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19.” Biodik 6(2):109–19. doi: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Setiawan, Anang. 2017. “Hubungan authentic assessment dengan motivasi belajar pendidikan jasmani.” JUARA : Jurnal Olahraga 2(2):143. doi: https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.41.

Soniawan, Vega, and Roma Irawan. 2018 “Metode bermain berpengaruh terhadap kemampuan long passing sepakbola.” Jurnal Perfoma Olahraga. 42–49. doi: https://doi.org/10.24036/jpo18019

Supriyadi, Muhammad. 2018. “Pelaksanaan proses belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada Sekolah Dasar.” Gelang




DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v10i1.14135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

sinta-logogarudagoogleroadcrossref JournalStories Main logo

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id

Creative Commons License

Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0