• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • Meningkatkan kemampuan teknik dasar service atas bola voli menggunakan model pembelajaran part and whole | Ratnaningsih | Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan

    Meningkatkan kemampuan teknik dasar service atas bola voli menggunakan model pembelajaran part and whole

    Ratnaningsih Ratnaningsih, Luthfi Muhamad Zaky

    Abstract


    Penelitian tindakan kelas ini didasarkan karena masih kurangnya penguasaan peserta didik terhadap materi tentang memahami variasi gerakan teknik servis tangan atas dalam permainan bola voli, dan kemampuan peserta didik dalam mempraktikkan variasi gerakan teknik servis bagian tangan atas dalam  bola voli pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan. Penelitian ini berupaya untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran dengan bentuk penelitian Tindakan kelas sealam 2 siklus dan juga melaksanakan pembelajaran yang lebih kreatif dan menarik menggunakan Part-Whole dalam permainan bola voli serta dengan menerapkan metode demontrasi, tanya jawab, praktikum, brainstorming. Hasil penelitian ini dijabarakan telah berhasil menggunakan prosedur dan Langkah kegiatan pembelajaran dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hampir semua peserta didik atau 90,9% memperoleh nilai di atas nilai kriteria Kelas (75) dengan nilai rata-rata sebesar 83,3, tingkat keterampilan peserta didik hampir seluruhnya atau 90,3% peserta didik terampil pada kompetensi dasar mempraktikkan variasi gerakan teknik servis atas permainan bola voli dengan kualifikasi sangat baik. Pada kegiatan Perbaikan ditemukan hal unik yaitu meningkatannya minat peserta didik untuk berkompetitif pada saat mempraktikkan variasi gerakan teknik servis tangan atas dalam permainan bola voli dan meningkatannya kelancaran komunikasi dan interaksi antara peserta didik maupun dengan pendidik ketika berlangsungnya pelaksanaan tindakan pada siklus II.


    Keywords


    Part-Whole; Teknik Dasar; Servis; Bola Voli

    Full Text:

    PDF

    References


    Arikunto, Suharsimi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

    Dirjen PMPTK (2010). Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas (Materi Pelatihan dan Penguatan). Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan-Dirjen PMPTK-Kemendiknas.

    Iskandar, Dadang dan Narsim.( 2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa.Cilacap: Ihya Media

    Ibnu Darmawan, M. E. Winarno, Agung Kurniawan (2017) “Penerapan Metode Part-whole untuk Meningkatkan Ketrampilan Senam Ketangkasan Gerakan Round-off pada Siswa Kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang”Kasbolah, Kasihani & I Wayan Sukaryana, (2014). Penelitian Tindakan Kelas PTK Eds.3. Malang : UM Press- Universitas Negeri Malang.

    Juli Candra, Asrori Yuda Praira, Eskar Tri Denatara (2018)” Metode Part Method dan Whole Method dengan Aplikasi Kinovea dalam Meningkatkan Pembelajaran Atletik Dasar” Jurnal jendela Olahraga

    Kemendikbud RI (2014). Permendikbud No. 58 Thn 2014 Kurikulum 2013 Pengganti Permendikbud No. 68/2013. Jakarta : Kemendikbud RI..

    Magister Olahraga (2017). Model Pendekatan TGFU dalam PBM Penjas. (Download Januari 2017)

    Permendikbud No 24 Tahun (2016) Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud RI.

    Roji dan Eva Yulianti. (2017). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

    Simanjuntak, Victor, dkk. (2008). Bahan Ajar Cetak: Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. DIRJEN Dikti Departemen Pendidikan Nasional

    Sudarsini. (2013). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

    Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

    Widijoto, H. (2010). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Malang: Universitas Negeri Malang.

    Yanuarti, Nina.( 2016). Penerapan Metode Bagian dan Metode Keseluruhan (Part Method And Whole Method) dalam Pembelajaran Penjas untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Gerak Anak Tunanetra. Yogyakarta: FIP UNY




    DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15328

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Indexing:

    sinta-logogarudagoogleroadcrossref JournalStories Main logo

    Office:

    Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
    E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id

    Creative Commons License

    Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0