Meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli melalui pendekatan gaya mengajar latihan dengan menggunakan audio visual
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Passing atas bola voli Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Kota Jambi. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian melibatkan 2 kolabolator dan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Kondisi awal siswa yang diteliti belum bisa passing atas dengan baik. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hal ini dapat dibuktikan dari penghitungan hasil belajar siswa meningkat dari data siklus I yaitu 68,57% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88.57 %. Hasil dari siklus pertama terdapat 23 siswa yang sudah bisa melakukan passing atas dengan baik, dan 11 siswa yang belum bisa melakukan passing dengan baik dengan nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 73,67. Peningkatan terlihat pada nilai rata-rata kelas di siklus ke dua dengan 31 siswa yang sudah bisa melakukan passing atas dengan baik dan 4 Siswa yang belum bisa melakukan pasing dengan baik. Nilai rata-rata siswa pada siklus 2 dalam pembelajaran passing atas bola voli adalah 82,35. Pendekatan gaya mengajar latihan dengan menggunakan Audio Visual yang di terapkan dalam pembelajaran passing atas bola voli dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anitah, Sri. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Asyhar, R. (2011). Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Destriani, D., Destriana, D., Switri, E., & Yusfi, H. (2019). The development of volleyball games learning for students. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1.12605
Destriana, Destriani, & Yusfi, H. (2021). Development of Learning Technique Smash Volleyball Games. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.145
Ekawarna, (2013). Penelitian Tindakan Kelas.: Referensi (GP Press Group). Jakarta Selatan
Lubis, R. M., & Saputra, I. (2019). Penerapan Media Audiovisual Dan Variasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Smash Bola Voli Pada Kelas Xi Sma. Jurnal Prestasi, 3(6), 93-99.
Mulyadi. Dwi Yulia Nur, Endang Pratiwi. 2020. Pembelajaran Bola Voli. Palembang. Bening Media Publishing
Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran, 2(2).
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman guru PJOK tentang standar kompetensi profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 15. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
Simanjuntak, V., & Purnomo, E. (2015). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN 7 SINGKAWANG SELATAN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(7).
Sinurat, S. Y., & Bangun, S. Y. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli, Siswa SMK Melalui Variasi Pembelajaran. Publikasi Pendidikan, 9(2), 125-133.
Sudjana, Nana. (2010). Teknologi Pengajaran, Jakarta: Sinar Baru Algensindo
Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yudiana, Y., Subardjah, H., & Juliantine, T. (2012). Latihan fisik. Bandung: FPOK-UPI Bandung.
DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15871
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing:
Office:Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0