PENGARUH METODE LATIHAN SIRKUIT DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP KETERAMPILAN DASAR BOLA BASKET

Feby Elra Perdima

Abstract


Abstrak: Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan menunjukkan bahwa masih kurangnya keterampilan dasar bolabasket SMA Negeri 1 Lebong Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan pengaruh metode Latihan Sirkuit  dengan metode Konvensional terhadap peningkatan keterampilan dasar bolabasket SMA Negeri 1 Lebong Utara. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental). Populasi penelitian ini sejumlah 32 orang siswa, sampel diambil mengunakan teknik sampling jenuh sehingga diperoleh sampel sebanyak 32 orang siswa. Tes yang digunakan adalah tes dribble zig-zag, passing dan under basket yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan dasar bolabasket SMA Negeri 1 Lebong Utara. Teknik  analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Metode Latihan Sirkuit dapat meningkatkan keterampilan dasar bolabasket SMA Negeri 1 Lebong Utara (thitung 16,77 > ttabel ?=0,051,75) (2) Metode konvensional dapat meningkatkan keterampilan dasar bolabasket SMA Negeri 1 Lebong Utara (thitung 9,25> ttabel ?=0,05 1,75) (3) Terdapat perbedaan yang berarti antara Metode latihan Sirkuit dengan Metode Konvensional terhadap keterampilan dasar bolabasket SMA Negeri 1 Lebong Utara (thitung  1,35 <ttabel ?=0,0 1,75).

 

Kata kunci: Metode Latihan Sirkut, Metode Konvensional, Keterampilan Dasar Bola Basket


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v6i1.8221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan



Indexing:
sinta-logogarudagoogleroadcrossref

Office :

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih, Indralaya Indah, Kec. Indralaya, Indralaya, Sumatera Selatan 30862
Homepage : https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/altius/index
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.