PENGARUH OPEN SKILL TERHADAP KETEPATAN PUKULAN FOREHAND DRIVE DALAM EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh open skill terhadap ketepatan pukulan forehand drive permainan tenis meja melalui latihan multiball di SMP Negeri 1 Indralaya. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah Eksperimen dengan menggunakan pre test dan post test one group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja di SMP Negeri 1 Indralaya dan sampel penelitian berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes awal dan tes akhir dan pemberian perlakuan latihan multiball. Ketepatan dalam pukulam forehand drive tenis meja dilakukan tes yaitu dengan menggunakan sasaran. Berdasarkan tes awal yang ketepatan pukulan forehand drive siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Indralaya, diperoleh rata-rata (mean) 7,1, simpangan baku adalah 4,02, nlai terbesar 17, nilai terkecil 1 dan rentangannya adalah 16, sedangkan tes akhir diperoleh rata-rata (mean) adalah 10,2, simpangan baku adalah 4,66, nilai terbesar adalah 20 dan nilai terkecil adalah 3, dan rentangannya adalah 17. Terdapat perbedaan yang signifikan kenaikan rata-rata 3,1. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan statistik uji t, dengan taraf signifikasi 0,05 didapatkan (18,0) sedangkan (2,048), maka >. Open skill menggunakan latihan multiball dapat meningkatkan ketepatan pukulan forehan drive permainan tenis meja dalam ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Indralaya.
Kata kunci : open skill, multiball, forehand drive, permainan tenis meja
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/altius.v6i1.8231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan
Indexing:
Office:Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0