• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN KETERAMPILAN TEKNIK BAWAH PENCAK SILAT UNTUK ATLET KATEGORI TANDING REMAJA | Listiana | Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan

    PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN KETERAMPILAN TEKNIK BAWAH PENCAK SILAT UNTUK ATLET KATEGORI TANDING REMAJA

    Silvia Listiana, Isdaryono Isdaryono

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan dan mengetahui efektivitas model latihan keterampilan teknik bawah pencak silat atlet kategori tanding remaja. Penelitian pengembangan mengacu pada langkah pengembangan dari Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi dua tahap, (1)  pra-pengembangan, (2) pengembangan. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap atlet pencak silat kategori tanding remaja di pusat pembinaan atlet pencak silat remaja Kota Bandar Lampung. Uji coba skala besar dan efektivitas dilakukan terhadap siswa ekstrakurikuler Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 7 Bandar Lampung dan SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, skala penilaian, lembar observasi, lembar keefektifan, tes keterampilan. Teknik analisis data menggunakan penilaian acuan patokan dan uji-t. Produk penelitian yang dihasilkan terdiri dari 3 model latihan (1) teknik sapuan rebah, (2) teknik sirkel bawah, (3) teknik guntingan bawah. Berdasarkan penilaian para ahli dan uji keefektifan disimpulkan bahwa model latihan layak dan efektif untuk digunakan.


    Full Text:

    PDF

    References


    Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

    Azim, S. (2012). Authentic assessment: an approach to enchance and assess learning. Geramany: LAP Lambert Academic Publishing.

    Bompa, T.O. (2000). Total training for young champions. United States: Human Kinetics.

    Borg W. R., & Gall M. D. (2007). Educational research: an introduction. (4^th ed). Unites States of America: Pearson.

    Giriwijoyo, Santosa. (2012). Ilmu faal olahraga (fisiologi olahraga). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

    Greenstein, Laura. (2012). Assessing 21st century skills: a guide to evaluating mastery and authentic learning. United States of America: Corwin.

    Hariono, Awan. (2006). Metode melatih fisik pencak silat. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

    -------------------. (2011). Metode melatih teknik dan taktik dalam pencak silat. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

    Harsono. (2004). Perencanaan program latihan edisi kedua. Bandung.

    Haryati, Mimin. (2007). Model dan teknik penilaian pada tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

    Irianto, Djoko Pekik. (2009). Pelatihan kondisi fisik dasar. Jakarta: Kasdep Pengembangan Tenaga dan Pembina Keolahragaan.

    Iswana, Bayu. (2013). Model latihan keterampilan gerak pencak silat anak usia 9-12 tahun. Jurnal Keolahragaan, 1(1), 26-36.

    Lubis, Johansyah. (2004). Pencak silat panduan praktis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

    Lund, J.L., & Kirk, Mary F. (2010). Performance-based assessment for middle and high school physical education: sencond edition. United states: Human Kinetics.

    Lutan, Rusli. (2007). Belajar keterampilan motorik, pengantar teori dan metode. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

    Martens, R. (2004). Successful coaching: third edition. United States: Human Kinetics.

    Nugroho, Agung. (2004). Diktat dasar-dasar pembelaan pencak silat. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

    Sudjiono, Anas. (2013). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

    Zuchdi, Darmiyati. (2015). Pendidikan karakter: konsep dasar dan implementasi di perguruan tinggi. Yogyakarta: UNY Press.

    Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran penilaian evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.

    Riduwan. (2009). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.

    Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

    ------------. (2015). Metode penelitian penelitian dan pengembangan research and development. Bandung: CV. Alfabeta.

    Suharjana. (2007). Kebugaran jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.

    Sukadiyanto. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: Lubuk Agung.

    Weinberg, R.S., & Gould, D. (2007). Foundations of sport and exercise psychology fourth edition. United States of America: Human Kinetics.




    Copyright (c) 2019 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan



    Indexing:

    sinta-logogarudagoogleroadcrossref JournalStories Main logo

    Office:

    Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
    E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id

    Creative Commons License

    Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0