INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DAN AKTIVITAS MOTORIK ANAK USIA 4-6 TAHUN DI KOTA PONTIANAK

Fitriana Puspa

Abstract


Kemajuan teknologi diberbagai bidang menciptakan masalah perubahan pola interaksi anak-anak. Kegiatan anak usia dini mulai bergeser dari aktif menjadi pasif sehingga perlu dilakukan studi untuk mengetahui dampak teknologi media berbasis layar pada anak-anak. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi pola penggunaan gadget dan aktivitas motorik anak di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif (observasional) menggunakan desain cross-sectional. Populasi penelitian adalah para orangtua yang memiliki anak usia 4-6 tahun di kota Pontianak. Sajian data penelitian menggunakan rumus deskriptif presentasi yang dibantu oleh Microsoft Exel 2013. Hasilnya menunjukkan 36,8% anak-anak menggunakan gadget rutin setiap hari dengan intensiatas lebih dari 1 jam dan 63,2% anak-anak menggunakan gadget rutin setiap hari dengan intensitas kurang dari 1 jam. Berikutnya adalah pola penggunaan gadget dalam bentuk aktifitas ketika menggunakan gadget, atau 17,1% anak-anak menggunakan gadget rutin setiap hari dalam bentuk bermain games baik online maupun offline dan 82,9% anak-anak menggunakan gadget rutin setiap hari untuk menonton video di chanel youtube. Selanjutnya, hasil penelitian aktivitas motorik menunjukkan bahwa 54,8% anak-anak bermain tanpa gadget lebih dari 1 jam per hari.

 

Kata kunci: Gadget, Aktivitas motorik, Anak usia dini


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v8i2.9980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan



Indexing:
sinta-logogarudagoogleroadcrossref

Office :

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih, Indralaya Indah, Kec. Indralaya, Indralaya, Sumatera Selatan 30862
Homepage : https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/altius/index
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.