• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • STUDI AWAL PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DALAM PERKULIAHAN FISIOLOGI HEWAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA* | slamet | Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya

    STUDI AWAL PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DALAM PERKULIAHAN FISIOLOGI HEWAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA*

    adeng adeng slamet

    Abstract


    STUDI AWAL PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DALAM PERKULIAHAN FISIOLOGI HEWAN

    DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP

    UNIVERSITAS SRIWIJAYA*

    Adeng Slamet1)

    Prodi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Sriwijaya

    Jln Raya Palembang-Inderalaya Km 32, Inderalaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

     

     

    ABSTRAK: Studi awal mengenai  penguasaan konsep mahasiswa calon guru biologi dalam perkuliahan fisiologi hewan telah dilakukan di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sriwijaya. Untuk menjaring data penguasaan konsep dilakukan melalui tes respon terbatas bentuk pilihan ganda, diolah dengan statistik  deskripif. Hasil studi menunjukkan penguasaan mahasiswa pada konsep sistem respirasi sebagian besar berada dalam interval nilai 33,50-38,50 dan 39,50-44,50 masing-masing 26,83% dengan nilai rata-rata 40,74; sistem sirkulasi pada interval nilai 35,39-41,39 (28,95%), nilai rata-rata 46,70; sedangkan pada sistem ekskresi dan osmoregulasi ada pada interval 42,50-47,50 (41,03%) dengan nilai rata-rata 40,51. Dapat disimpulkan penguasaan konsep mahasiswa dalam perkuliahan fisiologi hewan pada tiga topik yakni sistem respirasi, sirkulasi, ekskresi dan osmoregulasi masih rendah.

    Kata kunci: Penguasaan konsep, fisiologi hewan, mahasiswa calon guru biologi

     

    ABSTRACT: Preliminary studies on the mastery of the biological concept of prospective biology teachers has been conducted in animal physiology, at biology education courses Faculty of Teacher Education University of Sriwijaya. To gather data mastery of concepts is done through a limited response test multiple choice form, processed by descriptive statistics. The study shows student mastery of the concept of the respiratory system most of the values ​​are within the interval from 39.50 to 44.50 33.50 to 38.50 and 26.83% respectively with an average value of 40.74; circulation system in the interval of values ​​from 35.39 to 41.39 (28.95%), the average value of 46.70; whereas the excretion and osmoregulation system is in the interval from 42.50 to 47.50 (41.03%) with an average value of 40.51. It can be concluded that student mastery of concepts in animal physiology lecture on three topics namely respiratory system, circulation, excretion and osmoregulation still low.


    Keywords: Mastery of concepts, animal physiology, prospective biology teacher


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v1i1.1166

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Editorial Address:
    Biologi Education Study Program
    Faculty of Teacher Training and Education
    Universitas Sriwijaya, Indonesia
    email: jpb@fkip.unsri.ac.id

    website statistics View My Stats

    _______________________

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.