BIAS PERILAKU PADA KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI MUDA

Dewita Puspawati, Alfandi Rico Yohanda

Abstract


Era globalisasi mempengaruhi aktivitas investasi di Indonesia. Jumlah investor meningkat setiap tahun karena banyak orang semakin menyadari nilai investasi dan tingkat returnnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bias perilaku terhadap keputusan investasi pada generasi muda. Bias perilaku disebut sebagai bias terlalu percaya diri, efek disposisi, bias keterwakilan, bias penahan, dan bias menggiring. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling untuk memperoleh sampel dengan cara menyebarkan kuesioner secara online kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan jumlah responden sebanyak 140 orang. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa overconfidience bias dan herding bias berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi. Sedangkan disposition effect, representativeness bias, herding bias tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi.


Keywords


overconfiidience bias; efek disposisi; representativeness bias; anchoring bias; herding bias

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/ja.v16i1.15724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Akuntabilitas
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32 
Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya 
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jurnal.akuntabilitas@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580964


p-ISSN: 1978-4392, e-ISSN:2685-7030


 

Creative Commons License

Akuntabilitas is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.