PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PIZZA HUT DI KOTA PALEMBANG

Indra Kurniawan, Zakaria Wahab, Welly Nailis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian (y) konsumen Pizza Hut di kota Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah 105 konsumen yang pernah melakukan pembelian produk Pizza Hut di kota Palembang minimal dalam satu tahun terakhir. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik dengan bantuan program SPSS 16,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (uji F) keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh semua variabel independen dan secara parsial menunjukkan hanya variabel kualitas produk (ð‘¥2) yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian(y) sedangkan variabel brand image(ð‘¥1) tidak berpengaruh. Variabel kualitas produk (ð‘¥2) memiliki tingkat signifikasi sebesar 0.000 sedangkan variabel brand image tidak memiliki pengaruh yang signifikasi terhadap keputusan pembelian (y) karena dilihat dari tingkat sig t yaitu 0.090 lebih besar dari 0.05. Dengan koefesien determinasi R Square (R2) sebesar 30,9% yang berarti variable keputusan pembelian (y) dapat dipengaruhi oleh kedua variabel independen sedangkan sisanya 69,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Pihak manajemen Pizza Hut disarankan untuk terus melakukan pembaruan kualitas citra perusahaan dan citra merek agar dapat membentuk persepsi yang positif dimata pelanggan, sehingga dapat membantu menjaga citra perusahaan dan mampu meningkatan penjualan. Kata Kunci : Brand image, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbt.v13i1.4019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32 
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya 
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jembatan@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711)580231


p-ISSN: 0216-6836 e-ISSN: 2685-838X


 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah Manajemen 

oleh Jembatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

Statistik Pengunjung