EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS BERBASIS VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BANDUNG

I Gede Rasagama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep, sub pemahaman konsep, dan persepsi mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran getaran harmonis berbasis video. Penelitian menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest post test group control. Subyek penelitian adalah mahasiswa kelas 1A sebagai kelas kontrol dan mahasiswa kelas 1B sebagai kelas eksperimen dari Program Studi DIII Teknik Aeronautika, Politeknik Negeri Bandung. Hasil penelitian menunjukkan: (i) rerata skor peningkatan pemahaman konsep mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing 42.0% dan 17.5%, dengan signifikansi dibawah 5%; (ii) rerata skor peningkatan kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk sub pemahaman mengenal konsep, masing-masing 31.4% dan 3.6%, dengan signifikansi dibawah 5%, untuk sub pemahaman menjelaskan konsep, masing-masing 56.5% dan 29.4%, dengan signifikansi dibawah 5% dan untuk sub pemahaman menginterpretasi konsep, masing-masing 37.3% dan 14.7%, dengan signifikansi dibawah 5%. (iii) persepsi mahasiswa kelas eksperimen terhadap efektivitas pembelajaran getaran harmonis berbasis video adalah 3.2 skala Likert, dengan kategori diantara baik dan sangat baik. Pembelajaran pada kelas eksperimen lebih efektif dibanding pembelajaran pada kelas kontrol. Pembelajaran Fisika baik di tingkat sekolah menengah seperti SMP, SMA, dan SMK maupun Tahun Pertama Perkuliahan Fisika Perguruan Tinggi sebaiknya juga memanfaatkan video-video pembelajaran, yang bersumber dari http://youtube.com


Keywords


video pembelajaran youtube.com, pemahaman konsep, getaran

Full Text:

PDF

References


Apriliza, N. (2015). Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan alat

peraga berupa bandul dan statif pada materi getaran di Kelas VIII.2 SMP Negeri 3 Pemulutan.

Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 69–76.

Arends, R. I. (2011). Learning to teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Ariska, M. (2015). Studi pemahaman konsep siswa pada sub konsep rangkaian listrik arus searah di

kelas XI SMA negeri 1 Palembang. 2(2), 146–154.

Baharudin. (1982). Peranan kemampuan dasar intelektual sikap dan pemahaman dalam fisika

terhadap kemampuan siswa di sulawesi selatan membangun model mental. Disertasi Doktor.

FPS IKIP Bandung. Tidak diterbitkan.

Creswell, J. W. (2013). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches

(4th ed.). Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.

Guntur, M. (2004). Efektivitas model pembelajaran latihan inkuiri dalam meningkatkan keterampilan

proses sains pada konsep ekologi siswa kelas I SMU. Tesis. PPS UPI Bandung. Tidak

diterbitkan.

Kasih, B. S., Nyeneng, I. D. P., & Distrik, I. W. (2019). Efektivitas model pembelajaran jigsaw dalam

pembelajaran IPA fisika pada siswa SMP negeri 28 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Fisika

Universitas Muhammadiyah Metro, 7, 189–202.

Muhaimin, A., Susilawati, S., & Soeprianto, H. (2015). Pengembangan media kapasitor dan

pengaruhnya terhadap pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan Fisika

Indonesia, 11, 59–72.

Musthofa, K. (2013). Pembelajaran fisika dengan cooperative learning tipe jigsaw untuk

mengoptimalkan aktivitas dan kemampuan kognitif siswa kelas X-6 SMA MTA Surakarta.

Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 55–63.

Widodo, A. (2006). Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Bandung: FPMIPA UPI.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i2.10050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats