• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS BERBASIS VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BANDUNG | Rasagama | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS BERBASIS VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BANDUNG

    I Gede Rasagama

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep, sub pemahaman konsep, dan persepsi mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran getaran harmonis berbasis video. Penelitian menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest post test group control. Subyek penelitian adalah mahasiswa kelas 1A sebagai kelas kontrol dan mahasiswa kelas 1B sebagai kelas eksperimen dari Program Studi DIII Teknik Aeronautika, Politeknik Negeri Bandung. Hasil penelitian menunjukkan: (i) rerata skor peningkatan pemahaman konsep mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing 42.0% dan 17.5%, dengan signifikansi dibawah 5%; (ii) rerata skor peningkatan kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk sub pemahaman mengenal konsep, masing-masing 31.4% dan 3.6%, dengan signifikansi dibawah 5%, untuk sub pemahaman menjelaskan konsep, masing-masing 56.5% dan 29.4%, dengan signifikansi dibawah 5% dan untuk sub pemahaman menginterpretasi konsep, masing-masing 37.3% dan 14.7%, dengan signifikansi dibawah 5%. (iii) persepsi mahasiswa kelas eksperimen terhadap efektivitas pembelajaran getaran harmonis berbasis video adalah 3.2 skala Likert, dengan kategori diantara baik dan sangat baik. Pembelajaran pada kelas eksperimen lebih efektif dibanding pembelajaran pada kelas kontrol. Pembelajaran Fisika baik di tingkat sekolah menengah seperti SMP, SMA, dan SMK maupun Tahun Pertama Perkuliahan Fisika Perguruan Tinggi sebaiknya juga memanfaatkan video-video pembelajaran, yang bersumber dari http://youtube.com


    Keywords


    video pembelajaran youtube.com, pemahaman konsep, getaran

    Full Text:

    PDF

    References


    Apriliza, N. (2015). Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan alat

    peraga berupa bandul dan statif pada materi getaran di Kelas VIII.2 SMP Negeri 3 Pemulutan.

    Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 69–76.

    Arends, R. I. (2011). Learning to teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

    Ariska, M. (2015). Studi pemahaman konsep siswa pada sub konsep rangkaian listrik arus searah di

    kelas XI SMA negeri 1 Palembang. 2(2), 146–154.

    Baharudin. (1982). Peranan kemampuan dasar intelektual sikap dan pemahaman dalam fisika

    terhadap kemampuan siswa di sulawesi selatan membangun model mental. Disertasi Doktor.

    FPS IKIP Bandung. Tidak diterbitkan.

    Creswell, J. W. (2013). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches

    (4th ed.). Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.

    Guntur, M. (2004). Efektivitas model pembelajaran latihan inkuiri dalam meningkatkan keterampilan

    proses sains pada konsep ekologi siswa kelas I SMU. Tesis. PPS UPI Bandung. Tidak

    diterbitkan.

    Kasih, B. S., Nyeneng, I. D. P., & Distrik, I. W. (2019). Efektivitas model pembelajaran jigsaw dalam

    pembelajaran IPA fisika pada siswa SMP negeri 28 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Fisika

    Universitas Muhammadiyah Metro, 7, 189–202.

    Muhaimin, A., Susilawati, S., & Soeprianto, H. (2015). Pengembangan media kapasitor dan

    pengaruhnya terhadap pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan Fisika

    Indonesia, 11, 59–72.

    Musthofa, K. (2013). Pembelajaran fisika dengan cooperative learning tipe jigsaw untuk

    mengoptimalkan aktivitas dan kemampuan kognitif siswa kelas X-6 SMA MTA Surakarta.

    Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 55–63.

    Widodo, A. (2006). Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Bandung: FPMIPA UPI.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i2.10050

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats