ANALISIS SPEKTRUM PADA DATA GAYA BERAT DAERAH LOMBOK TENGAH DAN LOMBOK TIMUR UNTUK MENENTUKAN ESTIMASI KETEBALAN SEDIMEN

Laela Zulfawati, Suhayat Minardi, Lily Maysari Angraini

Abstract


Telah dilakukan pengukuran gayaberat di daerah Lombok Tengah dan Lombok Timur yaitu dari Jonggat hingga Pringgabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketebalan sedimen daerah Lombok Tengah dan Lombok Timur dengan menggunakan analisis spektrum pada data gayaberat. Dalam penelitian ini analisis spektrum dilakukan dengan cara mengubah data dari domain ruang ke dalam domain bilangan gelombang. Pada peta kontur complete bouguer anomaly daerah penelitian dibuat dua macam slicing yaitu slicing horizontal dari arah barat hingga timur daerah penelitian dan slicing vertikal dari arah utara hingga selatan daerah penelitian. Dari slicing arah horizontal didapatkan rata-rata ketebalan residual yang merepresentasikan ketebalan sedimen dari arah utara hingga selatan daerah penelitian sebesar (2154,47±1231,83) meter, sedangkan dari slicing arah vertikal didapatkan rata-rata ketebalan residual yang merepresentasikan ketebalan sedimen dari arah barat hingga timur daerah penelitian (790,73±260,53) meter. Dari nilai ketebalan sedimen yang didapatkan menandakan daerah Lombok Tengah dan Lombok Timur memiliki tingkat keamanan dan ketahanan bangunan terhadap gempabumi lebih besar dibandingkan dengan daerah Lombok bagian utara. Hal ini dapat dilihat dari setelah terjadi gempabumi, kerusakan di daerah Lombok Tengah dan Lombok Timur lebih ringan dibandingkan dengan daerah Lombok bagian utara.

 


Keywords


analisis spektrum, anomali gayaberat, ketebalan sedimen.

References


Apriani, Mila dkk. 2017. Estimasi Ketebalan Sedimen dengan Analisis Power Spectral pada Data Anomali Gayaberat DKI Jakarta. Jakarta : Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG.

Azhar, Lalu. 2017. Pemetaan Sesar Di Pulau Lombok Menggunakan Metode Gayaberat 2D. Mataram : Universitas Mataram.

Blakley, Robert .J. 1995. Potential Theory in Gravity and Magnetic Applications. Cambridge :

Cambridge University Press.

Marjiyono, 2016. Penguatan Gelombang Gempabumi Oleh Sedimen Permukaan Kota Mataram.

Bandung : Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral.

Purwati, Mei. 2017. Penentuan Indeks Kerentanan Seismik Berdasarkan Ketebalan Sedimen Menggunakan Mikrotremor Di Dusun Nipah Kabupaten Lombok Utara. Mataram : Universitas Mataram.

Sari, Ayu Fadillah. 2010. Pemodelan Bawah Permukaan Dan Zona Subduksi Daerah Kepulauan Nusa Tenggara Berdasarkan Data Anomali Medan Gravitasi Regional. Semarang : Universitas Diponogoro.

Syamsuriadi dkk. 2012. Penentuan Sruktur Bawah Permukaan Kota Makassar dengan Menggunakan Metode Gayaberat. Makassar : Universitas Hasanuddin.

Telford dkk. 1990. Applied Geophysics Second Edition. USA : Cambridge University Press.

Tipler, Paul.1998. Fisika Untuk Sains dan Teknik Jilid 1(Terjemahan). Jakarta : Erlangga.

Wafid, Muhammad, dkk. 2014. Resume Hasil Kegiatan Pemetaan Geologi Teknik Pulau Lombok Skala 1:250.000. Bandung : Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral.

Wijayantari, Meitri. 2014. Penentuan Struktur Bawah Permukaan Daerah Terdampak Paling Parah Akibat Gempabumi Lombok Utara Tanggal 22 Juni 2013 Menggunakan Seismik Refraksi.

Mataram : Universitas Mataram.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.10401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats