PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN IPA BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP LISTRIK SISWA SMP

Sudirman Sudirman, Kistiono Kistiono, Hamdi Akhsan, Melly Ariska

Abstract


Sebagai tenaga pengajar di LPTK harus mampu menghasilkan lulusan mahasiswa calon guru yang profesional tentunya tidak bisa lepas dari cara mengelola pembelajaran. Salah satunnya mengembangkan instrumen  penilaian. Penelitian ini menggunakan metoda pengembangan (resesarch development) Four D yang terdiri 4 tahap yaitu definisian (define), perancangan (design),  pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pada tahap awal dimulai dari analisa kebutuhan, ternyata banyak guru dalam menggunakan penilaian didominasi ranah pengetahuan  sedangkan ranah sikap dan keterampilan jarang dilaksanakan. Pada tahap perancangan dikembangan soal-soal pilihan ganda untuk ranah pengetahuan, dan ranah sikap  dan keterampilan dibuat rubri penilaian yang didasarkan pada kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan indikator dalam silabus. Selanjutnya dirancang lembar validasi untuk memvalidasi instrumen penilaian sikap dan keterampilan yang akan dikembangkan. Pada tahap pengembangan soal-soal divalidasi dengan uji validitas dan reliabelitas secara statistik dan diperoleh nilai 0,7 dan 0,55 dengan kategori valid dan reliabel. Instrumen rubrik sikap dan keterampilan divalidasi oleh ahli dari segi isi, bahasa, desain, dan ciri-citi berpikir kritis. Dari hasil validasi ahli instrumen yang dikembangkan diperoleh hasil dengan rata-rata 0,85 dengan kategori valid. Dari hasil angket tentang instrumen penilaian sikap dan keterampilan  yang disebarkan kepada guru-guru SMP berlatar belakang fisika di beberapa kabupaten sampel diperoleh rata-rata 86 dengan kategori sangat baik. Pada tahap penyebaran yang telah dilakukan adalah dalam bentuk makalah yang diseminarkan nasional. Sebagai kesimpulan  dihasilkan  instrumen penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan  secara valid, praktis dan reliabel pada  SMP pada bahasan listrik.

Keywords


pengembangan, instrumen, penilaian, listrik, SMP

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal OKARA Vol II.

Anderson, W. Lorin & David R. Krathwohl (Eds.). 2001. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Terjemahan Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi . 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Ariska, Melly, Akhsan, and H., Zulherman. Utilization of Maple-based Physics Computation in Determining the Dynamics of Tippe Top. JPFA. 2018; 8(2) :15-123.

Ariska, Melly., Akhsan, H., and Muslim, M., Utilization of physics computation based on maple in determining the dynamics of tippe top. J. Phys.: Conf. Ser. 1166 (2019) 012009.

Ariska, Melly., Akhsan, H., and Muslim, M., Dynamic Analysis of Tippe Top on Cylinder’s Inner Surface With and Without Friction based on Routh Reduction. J. Phys.: Conf. Ser. 1467 (2020) 012040 .

Hartanto. (2019). Profil Hambatan Belajar Epistemologis Siswa Pada Materi Tekanan Zat Cair Melalui Analisis Tes Kemampuan Responden. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, Vol 6 (2) 94-108.

H Akhsan, K Wiyono, M Ariska, NE Melvany. Development of Higher-order Thinking Test Instrument on Fluid Material for Senior High School Students. J. Phys.: Conf. Ser. 1467 (2020) 012040 .

Ariska, Melly. Analisis Dinamika Gasing Balik Tanpa Gesekan Dengan Syarat Awal Bervariasi Berbasis Reduksi Routhian. IPR. 2019; 2(2) :68.

Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. JIPF. 2019; 6(1) :62-69.

Beyer, Barry K. 1985. Critical Thingking.Phi Delta Kappa,408 N Union, P.O Box 789, Bloomington, IN 47402-0789.

Borg, W R & Gall.M.D. 2005. Educational Research : an intoduction. New York: Longman Inc.

Jeliana, V., Bukit, N., & Sirait, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Pada Materi Fluida Dinamis Berbasis Scientific Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1): 7 – 11.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (sesuai dengan KTSP). Padang: Akademika Permata.

Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Pengembangan Pengujian Kualitasnya Instrumen. UNY.

Prasetyo, Zuhdan K. 2013. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika pada tanggal 14 September 2013 di Surakarta.

Srilistari, Lismawati. (2019). Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Smp Dengan Pendekatan Pembelajaran Interaktif Berbasis Konsep Pada Pokok Bahasan Cahaya. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, Vol 6 (2) 7-16.

Taufiq, T ., Sudirman, S., & Kistiono. (2018). Pengembangan Instrumen Pengukuran Eksperimen Berpikir dalam Memecahkan Masalah Fisika di Jennjang Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 5(1) : 90-96




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats