• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PROFIL KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK LURUS PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 2 SEMARANG | Silamon | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PROFIL KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK LURUS PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 2 SEMARANG

    Muhammad Alfan Silamon

    Abstract


    Keterampilan memecahkan masalah adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa jauh siswa terampil dalam menyelesaikan masalah fisika pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2019-2020 sebanyak 64 siswa. Data penelitian diambil melalui tes tertulis berupa soal hitungan fisika pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus. Hasil analisa keterampilan memecahkan masalah menggunakan model Poyla terbagi dalam 4 tahap. Pada tahap 1, yaitu mengenali masalah, dengan hasil 53,48% termasuk dalam kategori kurang. Pada tahap 2, yaitu merencanakan strategi memperoleh hasil 52,65% termasuk dalam kategori kurang. Pada tahap 3, yaitu menerapkan strategi memperoleh hasil 51,44% termasuk dalam kategori kurang. Pada tahap 4, yaitu mengevaluasi solusi memperoleh hasil 51,60% termasuk dalam kategori kurang. Hasil akhir diperoleh dengan menghitung rata-rata dari ke 4 tahap tersebut, dan diperoleh hasil sebesar 52,29%. Maka, dapat disimpulkan bahwa keterampilan memecahkan masalah fisika pokok bahasan kinematika gerak lurus pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2019-2020 termasuk dalam kategori kurang.

    Keywords


    ketrampilan memecahkan masalah, kinematika gerak lurus

    Full Text:

    PDF

    References


    Agustina, A., Yani, A., & Herman, H. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Fisika Bagi Peserta Didik Man 3 Bone. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 14(3).

    Astuti, S. P., & Wilujeng, I. (2017). Keefektifan Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (Pbl) Ditinjau Dari Penguasaan Materi, Keterampilan Memecahkan Masalah, Dan Sikap Kerjasama Peserta Didik Sma The Effectiveness Of Physics Learning Problem Based Learning (Pbl) Model Based On Lesson Attainment, Problem Solving Skills, And Cooperation Attitude Of High School Students. E-Journal Pendidikan Fisika, 6(1), 33-40.

    Ariska, Melly. Analisis Momen Inersia Tippe Top di Bidang Datar Sebagai Kontribusi Pada Mata Kuliah Mekanika. JIPF. 2018; 5(2) :181-186.

    Fajarwati, S. K., Susilo, H., & Indriwati, S. E. (2017). Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 315-321.

    Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.

    Kemdikbud(2019). https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!sma!capaian_nasional!

    Rany Surya Ningsih, Azhar, Muhammad Syafi’i (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X Sma Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Di Sma Negeri Plus Provinsi Riau. Jom FKIP Volume 5.

    Zahriah, M.Hasan, Zulkarnain Jalil (2016), Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Hasil Belajar pada Materi Vektor di SMAN 1 DarulImarah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol.04, No.02, hlm.151-161

    Ziyyan Alieffia Alfika dan Tantri Mayasari, (2018). Profil kemampuan memecahkan masalah pelajaran fisika siswa MTs. Prosiding Seminar Nasional Quantum #25 (2018) 2477-1511 (7pp)




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10925

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2020 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats