PENGGUNAAN SOFTWARE CROCODILE PHYSICS 6.0.5 DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)

Cicylia Triratna Kereh, Wa Ode Astryanty, Heppy Sapulette

Abstract


Kebanyakan guru fisika  di Maluku masih mengajar secara konvensional. Sebagian guru terutama di perkotaan sudah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), akan tetapi terbatas untuk mempresentasikan materi yang disiapkan dalam program power point. Situasi ini terjadi juga di salah satu sekolah menengah atas negeri di Maluku Tengah yang berujung pada penguasaan materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yang rendah oleh peserta didik, terutama pembahasan mengenai grafik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencapai hasil belajar fisika dan meningkatkan penguasaan materi GLBB dengan menggunakan software simulasi Crocodile Physics 6.0.5. Penelitian ini bersifat deskriptif. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas X MIA3 suatu SMA Negeri di Maluku Tengah yang berjumlah 23 orang. Kemampuan peserta didik pada tes awal sangat rendah dengan skor rata-rata sebesar 9,6 yang artinya berkualifikasi gagal. Setelah proses pembelajaran menggunakan softwarei Crocodile Physics 6.0.5, hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik. Hal ini terlihat pada hasil rata-rata skor pencapaian yang diperoleh peserta didik pada aspek kognitif,afektif, psikomotor berturut-turut adalah 85,6; 86,9; dan 86,7. Ini berarti hasil belajar kelompok peserta didik tersebut dalam ketiga aspekada pada kualifikasi baik. Rata-rata skor pencapaian tes formatif mereka juga baik (86,5). Selain itu, nilai uji N-gain rata-rata diperoleh 0,8 yaitu pada kategori tinggi.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dua hal yaitu: (1) peserta didik berhasil mencapai hasil belajar yang baikdalam materi GLBB; dan (2)terjadi peningkatan penguasaan mereka dalam materi tersebut.


Full Text:

PDF

References


Ali, dkk. Pengaruh Media Crocodile Physics Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal Of Natural Science Education Research. 2018. 1(1).

Angell, C., Guttersrud, Ø., Henriksen, E. K. & Isnes, A. Physics: Frightful, but fun, Pupils’ and teachers’ views of physics and physics teaching [Electronic version]. Science Education. 2004;88: 683-706.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Pratik. Jakarta: Rineka Cipta.

---------- (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: PT Bumi Aksara

Ariska, Melly, Akhsan, and H., Zulherman. Utilization of Maple-based Physics Computation in Determining the Dynamics of Tippe Top. JPFA. 2018; 8(2) :15-123.

Arsyad, A. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.

Budi, dkk. Implementasi Model Pembelajaran Phyiscs Edutainment dengan Bantuan Media Crocodile Physics Pada Mata Pelajaran Fisika. Unnes Physics Education. 2014; 50229

Gumrowi, A. Meningkatkan Hasil Belajar Listrik Dinamik Menggunakan Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization melalui simulasi Crocodile Physics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 2016; 5(1).

Hake, R. (1994). Survey of Test Data for Introductory Mechanics Courses, AAPT Summer Meeting, Notre Dame University, AAPT. 24, 55

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

---------- (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Hanif, M. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Kelistrikan (DDK Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Listrik (TITL) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 2014; 16 (02). pp. 73-94. ISSN 0854-7468

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor. Ghalial Indonesia

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar dan Sumber Media Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya

Novianto, A. (2018). Penerapan Program Crocodile Physics Sebagai Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Unpublished Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Purwadi, dkk. Penerapan Model Pembelajaran Visual Berbasis Software Crocodile Physics Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI TPC SMK TKM Teknik Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi. 2013; 4(1).

Putri, dkk. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika. 2017; 6(2).

Qurniawan, dkk. 2018. Efektifitas Media Pembelajaran Crocodile Physics Dalam Pembelajaran Optik Di SMA. ISSN:2527-5917. 3(2).

Redish, E. F. The implications of cognitive studies for teaching physics. American Journal of Physics, 1994; 62, 796-803.

Sari, dkk. Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual Pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2016; 2(4).

Silberman, M. (2007). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Intan Madani.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Ulukok, S. dan Ugur S. The Effect of Simulation-assisted Laboratory Applications on Preservice Teachers' Attitudes towards Science Teaching. Universal Journal of Educatinal Research, 2016; Vol. 3, No. 3.

Wenno, I. H, Rumbalifar, A. (2010). Rumus-rumus Fisika. Yogyakarta: Grafik Indah

Widiadnyana, dkk. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 2014; Vol, 4.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.11055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://jdih1.sambas.go.id/assets/ https://jdih1.sambas.go.id/assets/?site=uang4d dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online