• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGGUNAAN SOFTWARE CROCODILE PHYSICS 6.0.5 DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB) | Kereh | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PENGGUNAAN SOFTWARE CROCODILE PHYSICS 6.0.5 DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)

    Cicylia Triratna Kereh, Wa Ode Astryanty, Heppy Sapulette

    Abstract


    Kebanyakan guru fisika  di Maluku masih mengajar secara konvensional. Sebagian guru terutama di perkotaan sudah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), akan tetapi terbatas untuk mempresentasikan materi yang disiapkan dalam program power point. Situasi ini terjadi juga di salah satu sekolah menengah atas negeri di Maluku Tengah yang berujung pada penguasaan materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yang rendah oleh peserta didik, terutama pembahasan mengenai grafik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencapai hasil belajar fisika dan meningkatkan penguasaan materi GLBB dengan menggunakan software simulasi Crocodile Physics 6.0.5. Penelitian ini bersifat deskriptif. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas X MIA3 suatu SMA Negeri di Maluku Tengah yang berjumlah 23 orang. Kemampuan peserta didik pada tes awal sangat rendah dengan skor rata-rata sebesar 9,6 yang artinya berkualifikasi gagal. Setelah proses pembelajaran menggunakan softwarei Crocodile Physics 6.0.5, hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik. Hal ini terlihat pada hasil rata-rata skor pencapaian yang diperoleh peserta didik pada aspek kognitif,afektif, psikomotor berturut-turut adalah 85,6; 86,9; dan 86,7. Ini berarti hasil belajar kelompok peserta didik tersebut dalam ketiga aspekada pada kualifikasi baik. Rata-rata skor pencapaian tes formatif mereka juga baik (86,5). Selain itu, nilai uji N-gain rata-rata diperoleh 0,8 yaitu pada kategori tinggi.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dua hal yaitu: (1) peserta didik berhasil mencapai hasil belajar yang baikdalam materi GLBB; dan (2)terjadi peningkatan penguasaan mereka dalam materi tersebut.


    Full Text:

    PDF

    References


    Ali, dkk. Pengaruh Media Crocodile Physics Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal Of Natural Science Education Research. 2018. 1(1).

    Angell, C., Guttersrud, Ø., Henriksen, E. K. & Isnes, A. Physics: Frightful, but fun, Pupils’ and teachers’ views of physics and physics teaching [Electronic version]. Science Education. 2004;88: 683-706.

    Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Pratik. Jakarta: Rineka Cipta.

    ---------- (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: PT Bumi Aksara

    Ariska, Melly, Akhsan, and H., Zulherman. Utilization of Maple-based Physics Computation in Determining the Dynamics of Tippe Top. JPFA. 2018; 8(2) :15-123.

    Arsyad, A. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.

    Budi, dkk. Implementasi Model Pembelajaran Phyiscs Edutainment dengan Bantuan Media Crocodile Physics Pada Mata Pelajaran Fisika. Unnes Physics Education. 2014; 50229

    Gumrowi, A. Meningkatkan Hasil Belajar Listrik Dinamik Menggunakan Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization melalui simulasi Crocodile Physics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 2016; 5(1).

    Hake, R. (1994). Survey of Test Data for Introductory Mechanics Courses, AAPT Summer Meeting, Notre Dame University, AAPT. 24, 55

    Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

    ---------- (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

    Hanif, M. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Kelistrikan (DDK Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Listrik (TITL) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 2014; 16 (02). pp. 73-94. ISSN 0854-7468

    Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor. Ghalial Indonesia

    Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar dan Sumber Media Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya

    Novianto, A. (2018). Penerapan Program Crocodile Physics Sebagai Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Unpublished Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

    Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

    Purwadi, dkk. Penerapan Model Pembelajaran Visual Berbasis Software Crocodile Physics Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI TPC SMK TKM Teknik Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi. 2013; 4(1).

    Putri, dkk. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika. 2017; 6(2).

    Qurniawan, dkk. 2018. Efektifitas Media Pembelajaran Crocodile Physics Dalam Pembelajaran Optik Di SMA. ISSN:2527-5917. 3(2).

    Redish, E. F. The implications of cognitive studies for teaching physics. American Journal of Physics, 1994; 62, 796-803.

    Sari, dkk. Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual Pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2016; 2(4).

    Silberman, M. (2007). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Intan Madani.

    Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

    Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

    Sudjana, N. (2011). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

    Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

    Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

    Ulukok, S. dan Ugur S. The Effect of Simulation-assisted Laboratory Applications on Preservice Teachers' Attitudes towards Science Teaching. Universal Journal of Educatinal Research, 2016; Vol. 3, No. 3.

    Wenno, I. H, Rumbalifar, A. (2010). Rumus-rumus Fisika. Yogyakarta: Grafik Indah

    Widiadnyana, dkk. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 2014; Vol, 4.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.11055

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2020 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats