Rancang Bangun Alat Ukur Jarak antara Dua Titik dengan Menerapkan Hukum Pemantulan Cahaya

Purwoko Haryadi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jarak antara kedua titik dengan menggunakan hukum pemantulan cahaya dan menganalisis kelayakan kit eksperimen dalam pengambilan data eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan dan menganalisis situasi dalam pembelajaran fisika. Tahap design dilakukan untuk mengembangkan kit eksperimen dan LKPD. Tahap develop dilakukan untuk menilai kelayakan kit eksperimen oleh 8 mahasiswa sejawat serta dilakukan uji terbatas pada 8 peserta didik di SMA N 2 Sleman. Pada tahap disseminate, kit eksperimen dan LKPD yang telah dikembangkan kemudian didiseminasikan kepada guru fisika di SMA N 2 Sleman. Hasil penelitian membuktikan bahwa kit eksperimen layak digunakan untuk pembelajaran Fisika SMA dengan nilai 4,00 (kategori baik). LKPD yang dikembangkan juga layak dengan nilai 3,97 (kategori baik).

Keywords


alat ukur, jarak, hukum pemantulan cahaya, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Field, Harry. (2012). Landscape Surveying (Second Edition). New York: Delmar Cengage Learning

Schmitt Industries, Inc. (2014). AR2500 Laser Sensor. Diakses melalui http://www.acuitylaser.com/products/item/ar2500-laser-sensor pada tanggal 26 Oktober 2019 pukul 0:22 WIB

Thiagarajan, S., Semmel, Dorothy S., & Semmel, Melvyn I. (1974). Instructional for Training Teachers of Exceptional Children A Sourcebook. Indiana: Indiana University

Ariska, Melly., Akhsan, H., and Muslim, M., Dynamic Analysis of Tippe Top on Cylinder’s Inner Surface With and Without Friction based on Routh Reduction. J. Phys.: Conf. Ser. 1467 (2020) 012040 .

H Akhsan, K Wiyono, M Ariska, NE Melvany. Development of Higher-order Thinking Test Instrument on Fluid Material for Senior High School Students. J. Phys.: Conf. Ser. 1467 (2020) 012040 .

Badiro, D., Syuhendri, S., & Fathurohman, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android berbasis Teori Perubahan Konseptual Materi Tata Surya dan Fase Bulan Mata Kuliah IPBA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika. https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.7825

Battaglini, L., Burrascano, P., Angelis, A. De, Moschitta, A., & Ricci, M. (2014). A low-cost ultrasonic rangefinder based on frequency modulated continuous wave. 20th IMEKO TC4 Symposium on Measurements of Electrical Quantities: Research on Electrical and Electronic Measurement for the Economic Upturn, Together with 18th TC4 International Workshop on ADC and DCA Modeling and Testing, IWADC 2014.

BSNP. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dejan. (2015). Ultrasonic Sensor HC-SR04 and Arduino Tutorial. Copyright © 2019 HowToMechatronics.Com.

Eveline, E., Jumadi, Wilujeng, I., & Kuswanto, H. (2019). The Effect of Scaffolding Approach Assisted by PhET Simulation on Students’ Conceptual Understanding and Students’ Learning Independence in Physics. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012036

Fitri, L. A., Kurniawan, E. S., & Ngazizah, N. (2013). Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Berbasis Domain Pengetahuan Sains untuk Mengoptimalkan Minds-On Siswa SMA Negeri 2 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi.

Gusmida, R., & Islami, N. (2017). The Development of Learning Media for the Kinetic Theory of Gases Using the ADDIE Model with Augmented Reality. JOURNAL OF EDUCATIONAL SCIENCES. https://doi.org/10.31258/jes.1.1.p.1-10

?nce, E., K?rba?lar, F. G., Güne?, Z. Ö., Yaman, Y., Yolcu, Ö., & Yolcu, E. (2015). An Innovative Approach in Virtual Laboratory Education: The Case of “IUVIRLAB” and Relationships between Communication Skills with the Usage of IUVIRLAB. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.377

Kelemen, M., Virgala, I., Kelemenová, T., Miková, ?., Frankovský, P., Lipták, T., & Lörinc, M. (2015). Distance Measurement via Using of Ultrasonic Sensor. Journal of Automation and Control. https://doi.org/10.12691/automation-3-3-6

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan. https://doi.org/10.3406/arch.1977.1322

Koval, L., Va?uš, J., & Bilík, P. (2016). Distance Measuring by Ultrasonic Sensor. IFAC-PapersOnLine. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2016.12.026

MARJAN, J., Arnyana, M., & Setiawan, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Mu Allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia.

Pratiwi, I., Murniati, M., & Fathurohman, A. (2014). Pengaruh metode praktikum menggunakan kit optik terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan cahaya di kelas VIII SMP Negeri 1 Prabumulih. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika.

Saefullah, A., Fakhturrokhman, M., Oktarisa, Y., Arsy, R. D., Rosdiana, H., Gustiono, V., & Indriyanto, S. (2018). Rancang Bangun Alat Praktikum Hukum Ohm Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills). Gravity?: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika. https://doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4035

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1070

Siswanto, J. (2019). Implementasi Model IBMR Berbantu PhET Simulation untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. https://doi.org/10.26877/jp2f.v10i2.4437

Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, and M. I. S. (1974). Instructional Decelopment For Training Teachers Of Exception Children. A Sourcebook ERIC.

Utami, I. S., Septiyanto, R. F., Wibowo, F. C., & Suryana, A. (2017). Pengembangan STEM-A (Science, Technology, Engineering, Mathematic and Animation) Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.1581

Yuliati, L., Riantoni, C., & Mufti, N. (2018). Problem solving skills on direct current electricity through inquiry-based learning with PhET simulations. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1149a

Zhao, H., & Wang, Z. (2012). Motion measurement using inertial sensors, ultrasonic sensors, and magnetometers with extended kalman filter for data fusion. IEEE Sensors Journal. https://doi.org/10.1109/JSEN.2011.2166066




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.11144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats