PROFIL TINGKAT KEAKURATAN PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Ulfa Fuji Syafitri, Saeful Karim, Ridwan Efendi

Abstract


Penilaian diri penting untuk literasi ilmiah. Hal ini bersesuaian dengan proses pembelajaran fisika yang memerlukan literasi ilmiah, karena dalam proses pembelajarannya diperlukan metode ilmiah dan sikap ilmiah untuk memecahkan masalah- masalah yang dihadapi. Meskipun penilaian diri penting, peserta didik masih mengalami kesulitan menilai pekerjaan mereka sendiri dengan akurat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tingkat keakuratan penilaian diri peserta didik SMA pada pembelajaran Fisika dengan metode deskriptif eksploratif . Untuk mendapatkan nilai tingkat keakuratan penilaian diri peserta didik dilakukan melalui tes kemampuan kognitif berbentuk uraian yang setiap nomor soal terdapat bagian peserta didik menilai kinerja mereka sendiri. Sampel pada penelitian ini 28 peserta didik kelas XI MIPA di salah satu SMA di Kota Bandung. Tingkat keakuratan penilaian diri peserta didik didapatkan dari selisih nilai yang diberikan oleh peserta didik dengan nilai yang diberikan oleh guru. Hasil pengolahan data secara statistik deskriptif menunjukkan bahwa tingkat keakuratan penilaian diri peserta didik rendah. Hal ini dapat disebabkan oleh rendahnya kinerja akademik peserta didik sehingga tidak tahu mana yang benar dan salah dari suatu konsep yang mengakibatkan peserta didik tidak dapat menilai dirinya sendiri. 


Keywords


Penilaian Diri;Tingkat Keakuratan Penilaian Diri;Kategori Tingkat Keakuratan Penilain Diri

Full Text:

PDF

References


Andrade, H. dan Du, Y. (2007). Student respons to criteria- referenced self assessment. Assessment and Evaluation in Higher Education, 32 (2), 159-181

Boud, D., & Falchikov, N. (1989). Quantitative studies of student self-assessment in higher education: A critical analysis of findings. Higher education, 18(5), 529-549.

Dunlosky, J., & Rawson, K. A. (2012). Overconfidence produces underachievement: Inaccurate self evaluations undermine students’ learning and retention. Learning and Instruction, 22(4), 271-280.

Fitzgerald, J. T., White, C. B., & Gruppen, L. D. (2003). A longitudinal study of self?assessment accuracy. Medical education, 37(7), 645-649.

Jax, J., Ahn, J. N., & Lin-Siegler, X. (2019). Using contrasting cases to improve self-assessment in physics learning. Educational Psychology, 39(6), 815-838.

Karelina, A., & Etkina, E. (2007). Acting like a physicist: Student approach study to experimental design. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 3(2), 020106.

Mok, M. M. C. (2012). Assessment Reform in the Asia-Pacific Region: The theory and practice of self-directed learning oriented assessment. In Self-directed learning oriented assessments in the Asia-Pacific (pp. 3-22). Springer, Dordrecht.

Nirwana, R.R. (2013). Peer assessment sebagai penilaian autentik dalam kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan MIPA,3(2)

Panadero, E., Tapia, J. A., & Huertas, J. A. (2012). Rubrics and self-assessment scripts effects on self-regulation, learning and self-efficacy in secondary education. Learning and individual differences, 22(6), 806-813.

Peters, E. E., & Kitsantas, A. (2010). Self?regulation of student epistemic thinking in science: The role of metacognitive prompts. Educational Psychology, 30(1), 27-52.

Schwartz, D. L., Tsang, J. M., & Blair, K. P. (2016). The ABCs of how we learn: 26 scientifically proven approaches, how they work, and when to use them. WW Norton & Company.

Spiller, D. (2012). Assessment Matters- Self Assessment and Peer Assessment.[online]. Tersedia www.waikato.ac.n/pdf/booklets/9_selfpeerassessment.pdf [29 oktober 2019]




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i2.11914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://jdih1.sambas.go.id/assets/ https://jdih1.sambas.go.id/assets/?site=uang4d dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online