PENILAIAN INSTRUMEN EFEKTIFITAS VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI FLUIDA

Dira Novisya, Desnita Desnita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menilai kualitas instrumen yang digunakan untuk mengukur keefektifan video pembelajaran berbasis CTL pada materi fluida. Jenis penelitian research and development menggunakan model ADDIE. Instrumen yang dinilai terdiri atas instrumen keterampilan berpikir kritis, instrumen keterampilan berpikir kreatif, instrumen keterampilan kolaborasi, instrumen keterampilan komunikasi lisan dan instrumen keterampilan komunikasi tulisan. Untuk menilai instrumen menggunakan lembar penilaian instrumen. Instrumen dinilai oleh dua validator. Kategori kevalidan menggunakan rumus Aiken’s V. Dari teknik analisis data yang telah dilakukan, diperoleh bahwa instrumen berada dalam  kategori valid dengan nilai rata-rata untuk instrumen efektifitas keterampilan berpikir kritis sebesar 0,89, instrumen efektifitas keterampilan berpikir kreatif 0,85, instrumen efektifitas keterampilan kolaborasi 0,94, instrumen efektifitas keterampilan komunikasi lisan 0,97 dan instrumen efektifitas keterampilan komunikasi tulisan 0,89. Jadi instrumen dapat digunakan untuk menilai keefektifan video.


Keywords


Instrumen, CTL, Penilaian, Fluida

Full Text:

PDF

References


Ditjen, “Direktorat pembinaan sekolah menengah atas direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah kementerian pendidikan dan kebudayaan tahun 2017,” 2017.

Y. L. Rahmi and H. Alberida, “Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Penerapan Asesmen Portofolio Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Dan Buku Ajar Biologi,” Bioeducation J., vol. 1, no. 1, pp. 22–33, 2017.

Permendikbud, “Permendikbud no 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah,” pp. 1–15, 2016.

H. Subagya and W. Insih, Buku Guru SMA/MA Kelas X. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Kemendikbud, “Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah aliyah (SMA/MA) Mata pelajaran fisika.” kementerian pendidikan dan kebudayaan, Jakarta, 2017.

M. A. Prasetya, Sudirman, and K. Wiyono, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu, Kalor Dan Perpindahan Kalor Untuk Sma Kelas XI,” J. Inov. DAN PEMBELAJARAN Fis., vol. 4, no. 2, 2017.

Y. Fransiska, S. MS, and M. Muslim, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kecerdasan Majemuk Untuk Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Pada Materi Elastisitas,” J. Inov. Dan Pembelajaran Fis., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2016.

T. Ariani and W. Suanti, “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Linggau Tahun Pelajaran 2015/2016,” J. Inov. Dan Pembelajaran Fis., vol. 3, no. 2, pp. 1–6, 2016.

I. D. Pursitasari, E. Suhardi, D. Ardianto, and A. Arif, “Pengembangan bahan ajar bermuatan konteks kelautan untuk meningkatkan literasi sains siswa,” vol. 3, no. 2, pp. 88–105, 2019, doi: 10.24815/jipi.v3i2.14847.

N. Saputra, Desnita, Murtiani, and W. S. Dewi, “Analisis Sajian Buku Teks Pelajaran Fisika Sma Kelas XI Semester 2 Terkait Komponen Contextual Teaching And Learning (CTL),” vol. 12, no. 3, pp. 505–512, 2019.

P. Aulia, D. Akmam, and S. Yulia, “Analisis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas X Semester 2,” Pillar Phys. Educ., vol. 12, no. 3, pp. 561–568, 2019.

Asrizal, A. Amran, A. Ananda, and Festiyed, “Effects of science student worksheet of motion in daily life theme in adaptive contextual teaching model on academic achievement of students Effects of science student worksheet of motion in daily life theme in adaptive contextual teaching model on academ,” 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1185/1/012093.

Rusman, Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

R. T. Mangesa, “Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Praktik Instalasi Listrik,” J. KEPENDIDIKAN, vol. 46, no. 1, 2014.

F. M. Noor and I. Wilujeng, “Pengembangan Ssp Fisika Berbasis Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 1, no. 1, pp. 73–85, 2015.

M. Muslich, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

A. Ranam, S., & Dini, “Pendekatan Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013,” Res. Dev. J. Educ., vol. 3, no. 2, 2017.

Asrizal, Desnita, and Y. Darvina, “Need analysis to develop electronic enrichment book of Physics based on contextual teaching and environmental potential Need analysis to develop electronic enrichment book of Physics based on contextual teaching and environmental potential,” 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1481/1/012123.

Z. Aqib, Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: yrama widya, 2013.

R. Pratiwi, Hikmawati, and I. W. Gunada, “Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik,” J. Pendidik. Fis. Dan Teknol., vol. 5, no. 2, 2019.

A. Yudianto, “Penerapan video sebagai media pembelajaran,” Semin. Nas. Pendidik., pp. 234–237, 2017.

I. P. D. M. Krishna, I. W. R. Sudhita, and L. P. P. Mahadewi, “Pengembangan Video Pembelajaran Pada Matapelajaran IPA Siswa Kelas VIII Semester Genap,” e-Journal Edutech Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 3, no. 2, 2015.

Zulherman, P. Abidin, W. Ketang, Saparani, and O. Winda, “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Pada Materi Gerak Melingkar,” Semin. Nas. Penddikan, pp. 54–60, 2019.

A. H. Nuzuliana, F. Bakri, and E. Budi, “Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Pada Materi Fluida Statis di SMA,” in Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, 2015, vol. IV, pp. 27–32.

& B. S. Pada, A.U.T., Siti, S.M., “Construct Validity Of Creative Thinking Skills Instrument For Biology Student Teachers In The Subject Of Human Physiology,” J. Penelit. Dan Eval. Pendidik., vol. 22, no. 2, 2018.

Realita, “Uji validitas tes buatan dosen mata kuliah fiqh,” J. Mudarrisuna, vol. 5, 2015.

Festiyed, Evaluasi Pembelajaran Fisika. Padang: Sukabina Press, 2017.

C. Rahayu and Festiyed, “Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Model Pembelajaran Generatif Dengan Pendekatan Open-Ended Problem Untuk Menstimulus Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik,” J. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 1, 2019.

A. Huda, Usmeldi, and Yohandri, “Pengembangan Instrumen Analisis Performance Gap Dalam Merancang Assessing 21 St Century Skill Pada Keterampilan Pemecahan Masalah,” 2015.

A. . Branch, Instructional Design-The ADDIE Aprooach. New York: Springer, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Azwar, Reliabilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

S. Sudirman, K. Kistiono, H. Akhsan, and M. Ariska, “Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Ipa Berbasis Berpikir Kritis Pada Konsep Listrik Siswa SMP,” J. Inov. dan Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 1, pp. 28–40, 2020, doi: 10.36706/jipf.v7i1.10903.

A. J. Kurniawati, D., Romi, H., Nur, “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA,” J. Penelit. dan Eval. Pendidik., vol. 20, no. 2, 2016.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i2.12003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats