PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SETRADA (SENI TARI DAN DRAMA) MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI

Intan Fatmawati, Jeffry Handhika, Erawan Kurniadi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model define, design, development (3-D) yang bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis SETRADA (Seni Tari dan Drama)  berorientasi HOTS (Higher Order Thingking Skills). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket validasi yang digunakan untuk mengukur kelayakan modul dan tes instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan 3 indikator menganalisis, mengevaluasi,dan menciptakan. Teknik pengujian kelayakan modul menggunakan Content Validity Ratio (CVR), Content Validity Index (CVI) dan pengukuran kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan uji N-gain. Berdasarkan uji yang dilakukan diperoleh hasil penilaian dari validator CVR sebesar 18,00, CVI sebesar 0,9 kategori sangat sesuai  dan  layak digunakan sebagai bahan ajar. Pada pengukuran kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa diperoleh skor sebesar 0,5 kategori sedang .


Keywords


Modul, HOTS, SETRADA, Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Dimyati, A. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Sscs Problem Solving dengan Metode Hypnoteaching. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 1–15. https://doi.org/10.33627/sm.v4i1.339

Doyan, A., Susilawati, Kosim, Wardiawan, Z., Hakim, S., Muliyadi, L., & Hamidi. (2020). The Development of Physics Module Oriented Generative Learning to Increase the Cognitive Learning Outcomes and Science Process Skills of the Students. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022059

Fatmawati, I., Astya Agustina, P., Sukesti, R., Husnul Khotimah, D., Astarikna Denanti, I., & Handhika, J. (2018). Literacy reading “SETRADA” to overcome illiteracy. ISOLEC International Seminar on Language, Education, and Culture, (September), 119–123.

Fitriah, L. (2019). Efektivitas Buku Ajar Fisika Dasar 1 Berintegrasi Imtak dan Kearifan Lokal Melalui Model Pengajaran Langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 82. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5909

Gita, S. D., Annisa, M., & Nanna, A. W. I. (2018). Pengembangan Modul IPA Materi Hubungan Makhluk Hidup Dan Lingkungannya Berbasis Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 2406–7393.

Hartini, S., Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., An’Nur, S., & Mahtari, S. (2018). Developing a Physics Module Based on The Local Wisdom of Hulu Sungai Tengah Regency to Train The Murakata Character. Journal of Physics: Conference Series, 1088, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012045

Hidayanto, F., Sriyono, & Ngazizah, N. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengoptimalkan Karakter Peserta Didik. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(1), 24–29.

Junaedah, J., Thalib, S. B., & Ahmad, M. A. (2020). The Outdoor Learning Modules Based on Traditional Games in Improving Prosocial Behaviour of Early Childhood. International Education Studies, 13(10), 88. https://doi.org/10.5539/ies.v13n10p88

Kusumah, R. G. T., Walid, A., Sugiharta, I., Putra, E. P., Wicaksono, I., & Erfan, M. (2020). Construction of High School Chemistry Module, Based on Problem-Based Learning (PBL) on Salt Hydrolysis Material for Gifted Students. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 1–14. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012047

Lamiyati, & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174.

Muharom Albantani, A., & Madkur, A. (2018). Think Globally, Act Locally: The Strategy of Incorporating Local Wisdom in Foreign Language Teaching in Indonesia. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 7(2), 1. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.7n.2p.1

Prastiwi, A., Sriyono, & Nurhidayati. (2016). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills ( HOTS ) Siswa SMA. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(1), 1–6.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155

Rahayu, W. E., & Sudarmin, S. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi dalam Kehidupan untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2), 919–926. https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943

Saefullah, A., Samanhudi, U., Nulhakim, L., Berlian, L., Rakhmawan, A., Rohimah, B., & El Islami, R. A. Z. (2017). Efforts to Improve Scientific Literacy of Students through Guided Inquiry Learning Based on Local Wisdom of Baduy’s Society. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 3(2), 84. https://doi.org/10.30870/jppi.v3i2.2482

Safitri, A. N., Subiki, & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 22–29.

Suastra, I. W., Jatmiko, B., Ristiati, N. P., & Yasmini, L. P. B. (2017). Developing Characters Based on Local Wisdom of Bali in Teaching Physics in Senior High School. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 306–312. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10681

Sudarno, S., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Konstektual dengan Tema Pembuatan Tahu Kelas VII Smp Negeri 2 Jatiyoso. Jurnal Inkuiri, 4(3), 104–111.

Sugiyono. (2019). metode penelitian dan pengembangan (research and development/ r&d) (S. Y. Suryandari, ed.). Bandung.

Widyaningrum, R., Sarwanto, S., & Karyanto, P. (2017). Pengembangan Modul Berorientasi Poe (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan Pada materi Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 100. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v6i1.3920

Yulastri, A., Hidayat, H., Genefri, G., Islami, S., & Edya, F. (2017). Developing an Entrepreneurship Module by Using Product-Based Learning Approach in Vocational Education. International Journal of Environmental and Science Education, 12(5), 1097–1109.

Zainuddin, D., Afnizar, H. A., Mastuang, D., & Misbah, D. (2018). Developing a Teaching Material Oriented to Science and Technology and Local Wisdom in Wetland Environment. Proceedings of the 1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018), 274, 323–325. https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.68




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.12600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats