ANALISIS MODUL ELEKTRONIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI FISIKA

Gelby Pradina Paramitha, Ida Sriyanti, Melly Ariska, Leni Marlina

Abstract


Perkembangan di bidang ilmu pengetahuan serta teknologi Abad 21 telah memberikan akibat pada besarnya tantangan dari yang pernah dialami sebelumnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan modul elektronik untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Prabumulih tentang pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dilaksanakan secara online (google form). Instrumen yang digunakan adalah berupa 16 kuesioner guru dan 14 kuesioner peserta didik tentang modul elektronik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan analisis hasil respon guru terhadap kebutuhan bahan ajar modul elektronik mencapai persentase sebesar 87% yang artinya guru sangat membutuhkan bahan ajar berupa modul elektronik. Guru mengharapkan modul elektronik yang berisi konten video tentang fenomena fisika, berisi gambar, grafik, berisi soal latihan, berisi materi singkat, berisi tes kompetensi, petunjuk pembelajaran, dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Sedangkan hasil respon peserta didik pada modul elektronik menyatakan bahwa selama ini guru hanya menggunakan bahan ajar cetak berupa LKPD dan buku cetak, sedangkan media yang digunakan hanya Power Point, guru belum menggunakan media berbasis elektronik seperti modul elektronik. Kebutuhan siswa akan media ajar mencapai 75% yang artinya media pembelajaran elektronik sangat diperlukan karena mudah dan praktis digunakan setiap saat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar masih berupa bahan ajar cetak sehingga diperlukan modul elektronik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.


Keywords


analisis, modul elektronik, kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Adisel, Gawdy, A. P. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada masa Pandemi Covid 19. ALIGNMENT : Journal of Administration and Educational Management, 3(1), 1–10.

Agustin, P. U. W., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Potensi Lokal “Batik Lumbung Dan Tahu Tamanan” Untuk Siswa Sma Di Kecamatan Tamanan Bondowoso (Materi Suhu Dan Kalor). Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 62. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7226

Akhsan, H., Wiyono, K., Ariska, M., & Melvany, N. E. (2020). Development of HOTS (higher order thinking skills) test instruments for the concept of fluid and harmonic vibrations for high schools. Journal of Physics: Conference Series, 1480(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1480/1/012071

Amin, A. M., Corebima, A. D., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2020). The correlation between metacognitive skills and critical thinking skills at the implementation of four different learning strategies in animal physiology lectures. European Journal of Educational Research, 9(1), 143–163. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.143

Amran, Perkasa, M., Jasin, I., Satriawan, M., & Irwansyah, M. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Nilai Pendidikan Karakter Untuk Generasi Indonesia Abad 21. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 233. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i5

Ariska, M., Akhsan, H., & Muslim, M. (2019). Utilization of physics computation based on maple in determining the dynamics of tippe top. Journal of Physics: Conference Series, 1166(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1166/1/012009

Ariska, Melly. (2015). Studi Pemahaman Konsep Siswa Pada Sub Konsep Rangkaian Listrik Arus Searah Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 147–154. https://doi.org/10.36706/jipf.v2i2.2616

Ariska, Melly, Akhsan, H., & Zulherman, Z. (2018). Utilization of Maple-based Physics Computation in Determining the Dynamics of Tippe Top. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 8(2), 123. https://doi.org/10.26740/jpfa.v8n2.p123-131

Elihami, E., & Saharuddin, A. (2018). Peran Teknologi Pembelajaran Islam Dalam Organisasi Belajar. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v1i1.34

Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30

Hadisaputra, S., Ihsan, M. S., Gunawan, & Ramdani, A. (2020). The development of chemistry learning devices based blended learning model to promote students’ critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042083

Hirzan, L., & Yuhendri, M. (2020). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik untuk Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 01(01), 142–146.

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Kavenuke, P. S., Kinyota, M., & Kayombo, J. J. (2020). The critical thinking skills of prospective teachers: Investigating their systematicity, self-confidence and scepticism. Thinking Skills and Creativity, 37, 100677. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100677

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26.

Monteiro, S., Sherbino, J., Sibbald, M., & Norman, G. (2020). Critical thinking, biases and dual processing: The enduring myth of generalisable skills. Medical Education, 54(1), 66–73. https://doi.org/10.1111/medu.13872

Muis, A., & Bahri, A. (2018). Respon Guru dan Siswa SMA Terhadap Learning pada Pembelajaran Biologi Biology Teaching and Learning. Biology Teaching and Learning, vol 1 no 2, 162–171.

Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan Matematikan di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133–140.

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21 : Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Risdianto, E., Fitria, J., Johan, H., & Macariola, J. S. (2020). Teacher ’ s Perception of Thermodynamic Law Module Developed in Training through Student ’ s Critical Thinking Skills. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 78–86.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 112–122.

Sudarsana, I. K. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 634.

Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa Development of Scientific Approach-based physics modules to improve students ’ Science Process Skills. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 75–88. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i2.2535

Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di Kabupaten Magetan. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2017 Dengan Tema "Strategi Pengembangan Pembelajaran Dan Penelitian Sains Untuk Mengasah Keterampilan Abad 21 (Creativity and Innovation, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration/4C)”, 21(2000), 223–231.

Tazkiyah, A., Sulur, S., & Fawaiz, S. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Dengan Feedback Berbasis Android Materi Suhu Dan Kalor Untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 31. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1731

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52.

Turrahma, A., Satyariza, E. N., & Ibrahim, A. (2018). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Lcms Moodle Dalam Peningkatan Efisiensi Dan Efektivitas Serta Kualitas Media Pembelajaran Siswa Di Man Sakatiga. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(3), 327. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12672

Yulianisa, Rizal, F., Oktaviani, & Abdullah, R. (2018). Tinjauan Keterampilan Abad 21 (21st Century Skills) di Kalangan Guru Kejuruan (Studi Kasus: SMK Negeri 2 Solok). Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 5(3), 1–8.

Zubaidah, S. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 1. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.14031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats