PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS STEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Syuhendri Syuhendri, Nesi Musdalifa, Abidin Pasaribu

Abstract


Telah dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis STEM pada pokok bahasan induksi elektromagnetik terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tanjung Raja, dan sampel dipilih secara purposive adalah siswa Kelas XII IPA 4 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan pemberian tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda terdiri 20 butir soal untuk ranah kognitif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest sebesar 27,97 dan rata-rata posttest sebesar 61,87 dengan hasil uji-t yang didapat yaitu 23,959 dan ttabel = 2,042 maka ????????? > ?????? artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis N-gain didapatkan hasil N-gain sebesar 0,471 pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan multimedia interaktif berbasis STEM terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Multimedia Interaktif, STEM, Hasil Belajar Siswa


Keywords


Multimedia Interaktif, STEM, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Amri, I., Syuhendri, S., & Ketang, W. (2015). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis web untuk mata kuliah pendahuluan fisika inti. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2(1): 25-35.

Aulia, F., Djamas, D., & Ramli. (2017). Pengaruh modul fisika multimedia interaktif berbantuan game dalam model problem based learning terhadap critical thinking skill siswa kelas X SMAN 4 Padang. Pillar of Physics Education. 9: 65-72.

Daryanto. (2010). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Devi. (2019). Pengembangan multimedia interaktif berbasis STEM pada pokok bahasan induksi elektromagnetik untuk pembelajaran fisika di SMA. Skripsi, Inderalaya: FKIP UNSRI.

Evans, C. & Gibbons, N.J. (2007). The interactivity effect in multimedia learning. Computer & Education. 49(4): 1147-1160.

Firansilady, A. (2017). Pengaruh multimedia interaktif berbasis model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan siswa. Skripsi, Inderalaya: FKIP UNSRI.

Firdaus, T., & Muchlas. (2015). Pengembangan media pembelajaran arus dan tegangan listrik bolak-balik untuk SMA/MA kelas XII menggunakan program spreadsheet. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2): 197-203.

Fitriyan, A. (2019). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak melingkar kelas X SMA. Skripsi, Inderalaya: FKIP UNSRI.

Hakim, A.R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2).

Ruhimat, T., dkk. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Septian, Damar. (2019). Pengaruh multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains. 2(1): 6-16.

Sjukur, Sulihin B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2(3): 368-379.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syuhendri, S. (2009). Integrasi TIK dan Pedagogi Untuk Meningkatkan Daya Guna Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Seminar Nasional. FKIP UNSRI.

Syuhendri, S. (2017). A Learning process based on conceptual change approach to foster conceptual change in newtonian mechanics. Journal of Baltic Science Education. 16(2): 228-240.

Syuhendri, S., dkk. (2018). Efektivitas teks perubahan konseptual dinamika dalam meningkatkan pemahaman konsep dinamika siswa SMA. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2355-7109.

Syuhendri, S. (2019). Student teachers’ misconceptions about gravity. Journal of Physics: Conference Series. 1185 012047: 1-7.

Wahyuni, Esti. (2012). Pengaruh pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran fisika terhadap perolehan belajar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 7(1): 694-710.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.14034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats