• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGEMBANGAN MEDIA ALAT PRAKTIKUM PELAYANGAN GELOMBANG BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO | Tina | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PENGEMBANGAN MEDIA ALAT PRAKTIKUM PELAYANGAN GELOMBANG BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO

    Agustina Tina, Sahrul Saehana, Unggul Wahyono

    Abstract


    Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media alat praktikum pelayangan gelombang berbasis mikrokontroler arduino uno yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain penelitian diadaptasi dari Intructional Media Design yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 17 siswa pada uji coba produk di kelas XI MIA MA DDI Lonja materi pelayangan bunyi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melalui pemberian tes dan angket. Hasil dari penelitian yang diperoleh pada tahap pengembangan yaitu Alat praktikum fisika berbasis mikrokontroler Arduino Uno yang memiliki validasi sebesar 81,25% dengan kriteria sangat valid, LKPD dengan validasi 84,75% dengan kriteria sangat valid, Angket observasi guru dan angket respon siswa dinyatakan  valid dengan rata-rata secara berturut-turut yaitu 77,08% dan 78,33%. Setelah melakukan validasi dan uji produk selanjutnya alat praktikum diujii kepraktisan dan efektifan alat praktikum yang dikembangkan melalui tahap evaluasi. Alat praktikum memiliki nilai praktis dalam keterlaksanaan pembelajaran sebesar 89,58% dengan kriteria sangat praktis dan respon siswa sebesar 89,24% dengan kriteria sangat praktis. Alat praktikum yang dikembangkan efektif dalam pembelajaran fisika dilihat dari nilai rata-rata Efek Size Cohen yang didapatkan yaitu sebesar 1,25 yang masuk dalam kriteria tinggi dan nilai Efek Size Cohen kelas yaitu 4,67 yang masuk dalam kriteria tinggi Berdasarkan uji produk dan analisis data validitas, kepraktisan, dan keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa alat praktikum berbasis mikrokontroler Arduino Uno yang dikembangkan layak digunakan.


    Keywords


    Alat Praktikum, Pelayangan Gelombang, Mikrokontroler Arduino Uno

    Full Text:

    PDF

    References


    Anusorn Tong-on, et al. (2017). Simple Harmonics Motion Experiment Based On LabVIEW Interface For Arduino. Journal of Physics: Conf. Ser. 901 012114

    Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

    Bejo,Agus.2008.C & AVR.Yogyakarta:Penerbit Graha Ilmu.

    Boimau,I.,Irmawanto,R., dan Taneo,M.F. (2019). Rancang Bangun Alat Ukur Laju Bunyi di Udara menggunakan Sensor Ultrasonik berbasis Arduino. Cyclotron. Vol(2), No(2),1-7

    Budiarso, Z., dan Prihandono, A. (2015). Implementasi Sensor Ultrasonik Untuk Mengukur Panjang gelombang Suara Berbasis Mikrokontroler.Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. Vol (20), No (2), 171-177

    Centaury, B. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Pada Materi Alat Optik Dan Indikator Dampak Terhadap Kompetensi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 1(2), 80-91

    Dini, S. F., Sulistyarini., & Anasi, P. T. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Citizen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(7), 1-9

    Fishbane, Paul M, et.al. (2005). Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics. New Jersey: Pearson Educational Inc

    Hartini, S., Dewantara, D., & Mahtari, S. (2018). Pengembangan Alat Peraga Fisika Energi Melalui Perkuliahan Berbasis Project Based Learning. Jurnal Vidya Karya, 2(1), pp. 42-50

    Kadir, Abdul. 2013. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

    Kause, M.C., dan Boimau, I. (2019). Rancang Bangun Alat Peraga Fisika Berbasis Arduino (Studi Kasus Gerak Jatuh Bebas). Cyclotron. Vol (2), N0 (1), 1-7

    Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan RI No. 32 Tahun 2013 tentang perubahan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

    Timumun, K.C.A.G. (2020). Pengembangan HyperDocs Pembelajaran Kimia Terhadap Keterampilan Kolaboratif Siswa SMA. Thesis. Universitas Tadulako.

    Marizka Lustia Dewi. (2015) Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Data Logger untuk SMA, Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, Vol. IV, (Oktober 2015), h. 2.

    Muharmen Suari. (2018). Pengujian Sensor Jarak HC-SR04 Pada Percobaan Gerak Lurus Suatu benda. Natural Science Journal. Vol (4), No (2), 686-699

    Mulyatiningsih. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

    Palittin, I.D. (2015). Rancang Bangun Alat Pengukur Suhu Menggunkan Sensor LM35 dan Mikrokontroler Arduino Uno. Magistra. Vol (2), No (3), 1-8

    Permatasari, A, Yuberti, dan Anggraini,W. (2019). Pengembangan Lampu Sensor Berbasis Arduino Uno sebagai Alat Peraga Fisika. Indonesia Journal Of Science and Mathematics Education. Vol (2), No (3), 1-8.

    Pratiwi, P.R. dkk. (2008). CTL Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VIII. Jakarta: Depdiknas.

    Qomariyah, N., dan Wirawan, R. (2018). Aplikasi Sensor Infrared dan Arduino Uno untuk Alat Peraga Sederhana Gerak Jatuh Bebas. Prosiding PKM-CSR. Vol (1), 1-8

    Sagala, A.M,. (2017). ALat Pengukur Debit Air dengan Sensor Waterflow EGO-A Berbasis Arduino Uno dengan Tampilan LCD dan Buzzer. Repositori Institusi USU.

    Sriyono, et.al. (1992). Teknik Belajar Mengajar dalam CBS. Jakarta : Rineka Cipta

    Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

    Sudjana, Nana. (2008). Penelitian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

    Suprianton, Saehana,S. ,& Wahyono,U. (2018). Pengembangan Alat Peraga Materi Efek Doppler. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(4), 1. https://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO

    Waris, A., Darsikin, D., & Nurjannah, N. (2015). Pengembangan Alat Praktikum Sederhana Konsep Listrik Magnet untuk Siswa SMP Daerah Terpencil. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(2), 1. https://doi.org/10.22487/j25805924.2015.v3.i2.4448

    Widoyoko, E.P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    Widyawati. (2017). Pengembangan ALat Praktikum Sederhana dan Lembar Kerja Praktikum Percobaan Melde Berbasis Project Based Learning (PJBL). IAIN Raden Intan Lampung.

    Woolnough, B., dan Allsop, T. (1985). Practical Work In Science . Cambridge : Cambridge University Press.

    Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75-82.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i2.14420

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats