ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MAHASISWA CALON GURU FISIKA DI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Murniati Murniati, Meli Asma Desti, Ida Sriyanti

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Mahasiswa Semester V Tahun Ajaran 2020/2021 di FKIP Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini untuk mengetahui keterampilan proses sains dasar pada materi kalor dengan pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa ganda pilihan beralasan. Dari penelitian yang dilakukan kemudian menguasai proses sains mahasiswa calon guru fisika pada mahasiswa semester V di FKIP Universitas Sriwijaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika di FKIP Universitas Sriwijaya pada mahasiswa semester V tahun ajaran 2020/2021 termasuk dalam kriteria.untuk aspek keterampilan proses sains yang dominan yakni keterampilan proses sains mengamati dimana (60,47%) sedang kriteria. Diikuti oleh tiga aspek keterampilan lainnya yaitu aspek mengkomunikasi (59,69%), simpulan menyimpulkan (51,16%), simpulan kesimpulan (46,51%) yang termasuk kreteria sedang, namun untuk aspek pengklasifikasian (37,98%) ) ) termasuk Kriteria Rendah. Maka keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika harus ditingkatkan lagi.


Keywords


Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Proses Sains Dasar, Mahasiswa Calon Guru Fisika

Full Text:

PDF

References


Afrizon, R., Ratnawulan, & Fauzi, A. (2012). Peningkatan Prilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTSN Model Padang Pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1, 1-16.

Agustina, H. P., & Zannah, S. N. (2020). J . k . b. 1(2), 40–47.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariska, M. (2015). Studi Pemahaman Konsep Siswa Pada Sub Konsep Rangkaian Listrik Arus Searah Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 147–154. https://doi.org/10.36706/jipf.v2i2.2616

Ariska, M., Akhsan, H., & Muslim, M. (2019). Utilization of physics computation based on maple in determining the dynamics of tippe top. Journal of Physics: Conference Series, 1166(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1166/1/012009

Ariska, Melly, Akhsan, H., & Zulherman, Z. (2018). Utilization of Maple-based Physics Computation in Determining the Dynamics of Tippe Top. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 8(2), 123. https://doi.org/10.26740/jpfa.v8n2.p123-131

Depdiknas. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTS Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemendikbud.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati, M. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dyah Fitriana Masithoh, dkk. “Penyusunan Instrumen Tes Kinematika Satu Dimensi kinematika Untuk Indentifikasi Miskonsepsi Fisika Pada Mahasiswa Peserta Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF). Vol 5 N0.2 (2015), h, 53.

Eng Tek, O., dkk. 2011. The Development and Validation of an All-Encompassing Malaysian-Based Science Proccess Skills Test For Secondary Schools. Journal of Science and Mathematics Education in Southernm Asia. 32 (2). 203-236.

Gasila, Y., Fadillah, S., Studi, P., & Fisika, P. (2019). “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Menyelesaikan Soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak”. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF). Vol 06 No. 1, hal 14-22.

Hamdani, H. (2017). Deskripsi keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 8(1), 43-51.

Hasyim, Faiz. (2018). “Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika STKIP AL Hikmah Surabaya”. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, Volume 2-Nomor 1.

Kartimi, K., Gloria, R. Y., & Ayani, A. (2013). Penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran biologi untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem kelas VII di SMPN 1 Talun. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(1), 65-76.

Khaerunnisa, K. (2017). Analisis keterampilan proses sains (fisika) SMA di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(3), 340-350.

Kurniawan, D. T. (2014). Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan website interaktif pada konsep fluida statis untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas XI. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2), 206-213.

Lestari, M. Y. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I Terhadap Mahasiswa Pendidikan Fisika Uin Raden Intan Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Mahmudin. 2010. Pelaksanaan Penilaian Keterampilan Proses Sains. [online]. Pada laman http://mahmuddin.wordpress.com/2010/04/10/pelaksanaan-penilaian-keterampilan-proses-sains/.

Marjuni, Andi. Peran Dan Fungsi Kode Etik Kepribadian Guru Dalam Pengembangan Pendidikan. Pendidikan Kreatif, 2020, 1.1.

Okaviani, E., Fadiawati, N., & Kadaritna, N. (2015). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(1), 324-338.

Ozgelen, S. 2012. Students’ Science Process Skills Within A Cognitive Domain Framework. Eurasia Journal Of Mathematics, Science & Technology Education. 8(4), 283-292.

Pendidikan, J., & Veteran, I. P. A. (2018). JIPVA (JURNAL PENDIDIKAN IPA VETERAN) Volume 2-Nomor 1 2018. 2.

Rani, I. M. (2019). A Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA Kelas X di Kecamatan Seberang Ulu I Dan Kertapati Palembang. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 6(1).

Rizcyani, P. (2020). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Melalui Lesson Study Pada Siswa Kelas VIISMP Islam Al-Falah Jambi Dalam Materi Suhu Dan Kalor (Doctoral Dissertation, Fkip).

Rustam, N.Y. 2007. Keterampilan Proses Sains Bandung: UPI.

Rustam, Nuryani Y. Dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: IKIP Malang.

Safahi, L., Pusporini, A., Susilo, S., & Akbar, B. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Calon Guru Biologi Terhadap HOTS. BIODIK, 6(1), 35-45.

Sayekti, I. (2016). Pembelajaran Ipa Menggunakan Inkuiri Terbimbing Melalui Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 4(1), 6–16. https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.6-16.

Septi Budi Sartika. 2015. Analisis Keterampilan Proses Sians (KPS) Mahasiswa Calon Guru Dalam Menyelesaikan Soal IPA Terpadu. Proseding Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Muhamadiyah Sidoarjo.

Siswono, Hendrik. (2017). Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa.

Subali, B. 2011. Pengukuran Kreativitas Keterampilan Proses Sains Dalam Konteks Assesment. Cakrawala Pendidikan. XXX (1). 130-144.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosidakarya.

Tawil, Muh Liliasari. 2014. Keterampilan-keterampilan Sains dan Implemtasinya dalam pemebelajaran IPA. Makasar: UNM




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i2.15295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats