PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK LENSA BERBASIS STEM PADA MATAKULIAH OPTIK UNTUK MAHASISWA CALON GURU FISIKA
Abstract
Telah berhasil dikembangkan modul elektronik berbasis STEM pada materi lensa untuk mahasiswa calon guru Fisika pada mata kuliah optik yang valid dan praktis , penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang menggunakan model pengembangan Rowntree, dengan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan , dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi digunakan evaluasi formatif Tessmer yaitu, self evaluation, expert review, one-to-one evaluation dan small group evaluation untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan modul elektorrnik. Aplikasi yang digunakan pada penelitian ini adalah flip pdf professional .Tahap expert review diperoleh rata-rata skor pada tahap validasi isi sebesar 4,93 (sangat valid), validasi tampilan modul sebesar 4, 88 (sangat valid), dan pada validasi Bahasa sebesar 4,75 (sangat valid).Tahap one-to-one evaluation dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata hasil penilaian angket tanggapan terhadap penggunaan modul elektronik sebesar 93,8%.pada tahap uji coba small group evaluation, rata-rata hasil penilaian angket ta nggapan mahasiswa terhadap penggunaan modul elektronik yang dikembangkan yaitu sebesar 85,7 % dengan kategori sangat praktis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariska, M. (2015). Studi Pemahaman Konsep Siswa Pada Sub Konsep Rangkaian Listrik Arus Searah Di Kelas XI SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 147–154. https://doi.org/10.36706/jipf.v2i2.2616
Ariska, M., Akhsan, H., & Zulherman, Z. (2018). Utilization of Maple-based Physics Computation in Determining the Dynamics of Tippe Top. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 8(2), 123. https://doi.org/10.26740/jpfa.v8n2.p123-131
Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Efektivitas virtual lab berbasis STEM dalam meningkatkan literasi sains siswa dengan perbedaan gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 190. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8570
Kuswandari, M., Sunarno, W., & Supurwoko, S. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Sma Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Pengukuran Besaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret, 1(2), 120826.
Mu?minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Keterampilan Abad. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 28. https://doi.org/10.35580/sainsmat82107172019
Oktaviani, W., Studi, P., & Fisika, P. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN Abstract -This study aims to determine the influence of contextual physics teaching materials in an effort to improve the mastery of student concepts . This research is a type of research devel. III(1), 1?7.
Permanasari, A. (2016). .2014 "STEM education: Inovasi dalam pembelajaran sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains.
Purmadi, A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 151. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8285
Sari, W., & Pathoni, H. (2017). Pengembangan modul elektronik berbasis 3d pageflip professional pada materi konsep dasar fisika inti dan struktur inti mata kuliah fisika atom dan inti. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(01), 38-50.
Selvia, M., Arifuddin, M., & Mahardika, A. I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Topik Fluida Berorientasi Masalah Lahan Basah Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 213. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i2.2896
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145?152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Yulianti, D. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53?58. https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19270
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i2.15725
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats