• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • META ANALISIS PENGARUH PENERAPAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK | Triani | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    META ANALISIS PENGARUH PENERAPAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

    Frima Triani, Asrizal Asrizal, Usmeldi Usmeldi

    Abstract


    Penelitian ini menganalisis pengaruh penerapan STEM terhadap hasil belajar fisika peserta didik ditentukan melalui Effect Size (ES). Data diperoleh dari 20 jurnal tentang pengaruh penerapan STEM terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Kajian didasarkan pada dua kategori yaitu tingkat kelas dan materi pelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh. Pertama, pengaruh penerapan STEM terhadap hasil belajar fisika peserta didik memberikan pengaruh yang berarti pada kelas XI SMA dimana rata-rata ukuran efeknya 2,05 dengan kategori sangat tinggi. Kedua, hasil meta analisis pengaruh penerapan STEM berdasarkan materi ditemukan bahwa pada fluida dinamis, fluida statis, dan usaha dan energi serta gelombang bunyi pengaruh penerapan STEM memberikan efek tinggi terhadap hasil belajar dan pada materi hukum Newton tentang gerak pengaruh penerapan STEM memberikan sedang terhadap hasil belajar siswa SMA. Jadi dapat disimpulkan bahwa ukuran efek pengaruh penerapan STEM terhadap hasil belajar ditinjau dari materi yang digunakan memberikan efek yang berbeda-beda.


    Keywords


    meta analisis, STEM, hasil belajar, fisika

    Full Text:

    PDF

    References


    Agustin, M. D., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Model Problem Based learning (PBL) dengan Pendekatan Science Technology Engineering Mathematics (STEM) dalam Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas di Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 50-54.

    Becker, K., & Park, K. (2011). Effects of integrative approaches among science, technology, engineering, and mathematics (STEM) subjects on students' :A preliminary meta-analysis. Journal of STEM Education: Innovations & Research, 12.

    Büyükdede, M., & Tanel, R. (2019). Effect of the STEM Activities Related to Work-Energy Topics on Academic Achievement and Prospective Teachers' Opinions on STEM Activities. Journal of Baltic Science Education, 18(4),507.

    Çengel, M., Alkan, A., & Yildiz, E. P. (2019). Evaluate the Att?tudes of the Pre Serv?ce Teachers Towards STEM and STEM’s Sub D?mens?ons. International Journal of Higher Education, 8(3): 257-267.

    DeCoster, Jamie.2009. Meta-Analysis Notes. Albama: University of Alabama Demirel, D., Miray, D., 2016. effect of Problem Based Learning on Attitude: A Meta Analysis Study. Eurasia Journal of mathematics, science & Education, 2016, 12(8), 2115-2137.

    Firman, H. 2018. Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM untuk Materi Limbah Polimer. Makalah Seminar Nasional Peran Penelitian dan Pendidikan Kimia dalam Penanggulangan Limbah Polimer. Bandung: Himpunan Mahasiswa Kimia UPI.

    Hudha, M. N., Batlolona, J. R., & Wartono, W. (2019, December). Science Literation Ability and Physics Concept Understanding in the Topic of Work and Energy with Inquiry-STEM. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2202, No. 1, p. 020063). AIP Publishing LLC.

    Indrasari, N., Parno, P., Hidayat, A., Purwaningsih, E., & Wahyuni, H. (2020, April). Designing and Implementing Stem-Based Teaching Materials of 54 Static Fluid to Increase Scientific Literacy Skills. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2215, No. 1, p. 050006). AIP Publishing LLC.

    Irma, Z. U., Kusairi, S., & Yuliati, L. (2020). Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis Dalam Pembelajaran STEM Disertai E-Formative Assessment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 822-827.

    Kanadh, S. (2019). A Meta-Summary of Qualitative Findings about STEM Internasional Journal of Instruction, 12(1): 959-976.

    Khoiriyah, N. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gelombang Bunyi.

    Kurnia Ika Pangesti, Dwi Yulianti, Sugianto. Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. UPEJ 6 (3) (2017) ISSN 2252-6935.

    Maulidia, A., Lesmono, A.D., & Supriadi, B. 2019. Inovasi Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Dengan Pendekatan STEM Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Di SMA. FKIP e-Proceding, 4(1), 185-190.

    Mawarni, R., & Sani, R. A. Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Padamateri Pokok Fluida Statis di Kelas XI SMA Negeri 4 Tebing TinggI TP 2019/2020. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 8(2).

    Mulyana, K. M., Abdurrahman, A., & Rosidin, U. (2018). Implementasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Untuk Menumbuhkan Skill Multirepresentasi Siswa SMA Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 69-75.

    Ramli, R., Yohandri,Y., sari,Y.S., & Selisne, M. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Fisika Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) untuk Menumbuhkan Skill Multipresentasi Siswa SMA Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 69-75.

    Ricardo, Rini, I., M. 2017. Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 2 No. 2, Juli 2017, Hal. 188-201

    Rivai, H. P., Yuliati, L., & Parno, P. (2018). Penguasaan Konsep dengan Pembelajaran STEM Berbasis Masalah Materi Fluida Dinamis pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(8), 1080-1088.

    Salma, SF, I Wayan D ,Ismu W. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantukan Buku Siswa Berbasis Pendekatan Terpadu STEM Terhadap Hasil Belajar. JPF. Vol. VII. No. 1.

    Samsudin, M. A., Jamali, S. M., Md Zain, A. N., & Ale Ebrahim, N. (2020). The Effect of STEM Project Based Learning on Self-Efficacy among High School Physics Students. Journal of Turkish Science Education, 16(1), 94 108.

    Samsudin, M. A., Zain, A. N. M., Jamali, S. M., & Ebrahim, N. A. (2018). Physics Achievement in STEM PjBL: A Gender Study.

    Sanders, M., Hyuksoo. K., Kyungsuk, P. & Hyonyong, L. 2011. Integrative STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Education: Contemporary Trends and Issues. Secondary Education 59, 729-762

    Soros, P., Ponkham, K., & Ekkapim, S. (2018, January). The Results of STEM Education Methods for Enhancing Critical Thinking And Problem Solving Skill In Physics The 10th Grade Level. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1923, No. 1, p. 030045). AIP Publishing LLC.

    Syafri, Ratna W., Amali, P., Asrizal. (2019). Pengaruh Buku Teks IPA Terpadu Dalam Pende katan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 13 Padang. Pilar of Physics Education

    Thahir, A., Anwar, C., Saregar, A., Choiriah, L., Susanti, F., & Pricilia, A. (2020, February). The Effectiveness of STEM Learning: Scientific Attitudes and Students’ Conceptual Under standing. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1467, No. 1, p. 012008). IOP Publishing.

    Tungsombatsanti, A., Ponkham, K., & Somtoa, T. (2018, January). The Results of STEM Education Methods in Physics at The 11th Grade Level: Light And Visual Equipment Lesson. In AIP conference proceedings (Vol. 1923, No. 1, p. 030053). AIP Publishing LLC.

    Widyasmah, M., & Herlina, K. (2020, February). Implementation of STEM Approach Based on Project-based Learning to Improve Creative Thinking Skills of High School Students in Physics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1467, No. 1, p. 012072). IOP Publishing.

    Neolaka, A., & Amalia, G. A. (2017). Landasan Pendidikan : Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Jakarta: Kencana

    Permendikbud Nomor 4. (2014). Kurikulum 2013 untuk Tingkat SMA. Jakarta: Mendikbud.

    Yuliati, L., Munfaridah, N., Ali, M., Rosyidah, F. U. N., & Indrasari, N. (2020, April). The Effect of Project Based Learning-Stem on Problem Solving Skills For Students In the topic of Electromagnetic Induction. In Journal of Physics Conference Series (Vol. 1521, No. 2, p. 022025).

    Yuliati, L., & Ni'mah, B. Q. A. (2019, February). The Influence of PBL-STEM on Students’ Problem-Solving Skills in the Topic of Optical Instruments. In Journal of Physics Conference Series (Vol. 1171, No. 1, p. 012013).




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v9i1.16507

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats