HANDOUT DIGITAL PENDAHULUAN FISIKA INTI PADA PERKULIAHAN DARING
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk melihat efektifitas penggunaan handout digital dengan strategi question student have dalam perkuliahan daring pada mata kuliah pendahuluan fisika inti. Metode penelitian berupa eksperimen semu (quasi eksperimen) desainnya one-group pretest-postest Desain berbantuan elearning dengan aplikasi zoom cloud meeting dan google meet. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengungkap sesuatu dengan apa adanya. Mengajar merupakan tugas utama dosen di Perguruan Tinggi sebagai bagian dari Tri Darma Pergururan Tinggi, dalam melaksanakan tugas ini tenaga pengajar selalu berkeinginan untuk memberikan sajian kepada mahasiswa dengan cara-cara yang memudahkan mahasiswa untuk memahami materi dan tidak membosankan. Pembelajaran yang bervariatif dapat dilakukan dengan berbagai usaha, salah satunya dengan menyediakan bahan ajar yang bervariatif juga seperti handout digital yang dapat diakses dengan mudah tanpa internet, yang dilengkapi dengan video-video singkat untuk menambah penjelasan. Selain itu, penggunaan handout memiliki pengaruh yang kuat terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Peningkatan hasil belajar mahasiswa dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest melalui gain ternormalisasi dengan membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan handout digital. Penggunaan handout digital sebagai alternatif bahan ajar dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 67,6%. Hal ini menunjukkan bahwa materi digital dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar pendahuluan fisika inti ada perkuliahan daring.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas. (2018). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Fisika pada Peserta Didik Kelas IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 2017. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 45–49. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3327/1/abbas.pdf
Adelila, S. S., Jasmidi, J., Kembaren, A., & Sudrajat, A. (2018). The Development Of Handout Based On Guided Note Taking To Improve The Quality Of Analitycal Chemistry Learning People. International Journal of Social Sciences, 4(3), 720–734.
Adhia, H. (2017). Studi Penggunaan Handout dalam Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Artikulasi terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran (Ap) SMKN 1 Kota Solok. 4(1), 9–15.
Aini, E. P., Masykur, R., & Komarudin, K. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 73. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1950
Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.
Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88.
Giancoli. (2001). Fisika Jilid 1. Erlangga.
Humaira, H., Saputro, S., & Setyowati, W. A. E. (2019). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Handout terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 299. https://doi.org/10.20961/jpkim.v8i2.29032
Juniayanti, D., & Susila, I. K. D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media PECS untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Autis di SLB Negeri 1 Gianyar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(1), 1–7.
Murniati, M., Fathurrohman, A., & Letari, Y. (2022). Development of STEM-Based Digital Handouts for Nuclear Physics Introduction Courses During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 627–632. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1389
Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.
Pratama, D. P. A., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Handout Digital Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 15. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25327
Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167.
Rosyada, D. (2016, February 9). Pembelajaran Berbasis Penelitian - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Official Website. UINJKT.Ac.Id. https://www.uinjkt.ac.id/id/pembelajaran-berbasis-penelitian/
Sari, S. A., Jasmidi, J., Kembaren, A., & Sudrajat, A. (2018). The Impacts of Chemopoly-Edutainment to Learning Activities and Responses. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(2), 311–318. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i2.7622
Savasci, F., & Berlin, D. F. (2012). Science Teacher Beliefs and Classroom Practice Related to Constructivism in Different School Settings. Journal of Science Teacher Education, 23(1), 65–86. https://doi.org/10.1007/s10972-011-9262-z
Shofwunnada, Nirwana, R. R., & Hakim, F. (2018). the Development of Chemistry Handout Based on Unity of Sciences Principles for the Chapter of Acid and Base Materials. Unnes Science Education Journal, 7(1), 69–75.
Sijabat, A., Sianipar, H. F., & Siahaan, T. M. (2020). PengaruhPembelajaranDaring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Uhkb pnp Pada Matakuliah Fisika Umum. The 2st National Conference on Education, Social Science, and Humaniora Proceeding, 84–88.
Silberman, M. L. (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Nuansa.
Silberman, Melvin L. (1996). Aktive Learning. Nuansa Media.
Sunasee, R. (2020). Challenges of Teaching Organic Chemistry during COVID-19 Pandemic at a Primarily Undergraduate Institution. Journal of Chemical Education, 97(9), 3176–3181. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00542
Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivism dalam Pendidikan. Penerbit Kanisius.
Suparno, P. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik & Menyenangkan. Universitas Sanata Darma.
Suprijono, A. (2013). Cooperatif Learning. Pustaka Pelajar.
Syafriani, D., & Jenifer, S. (2019). Perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan media Handout dan Power Point Pada Materi Larutan Penyangga. SEJ (School Education Journal), 9(3), 248–256. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/15683
Turmuzi, M., Dasing, A. S. H., Baidowi, B., & Junaidi, J. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Secara Online (E-learning) Selama Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 900–910. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.482
Yelensi, Y., Wiyono, K., & Andriani, N. (2020). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Materi Usaha Dan Energi Berbasis Permainan Tradisional. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1119
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v9i2.18573
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats