PENGEMBANGAN WORKBOARD FISIKA SEDERHANA SEBAGAI KONTEKSTUALISASI TEORI MOMEN GAYA
Abstract
Dalam pembelajaran fisika, diperlukan kontekstualisasi suatu teori fisika dengan menempatkannya pada alat peraga yang dapat membuktikan kebenarannya sehingga dapat diterima dan disimpan oleh memori. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan seperangkat alat peraga berupa papan kerja, yang diharapkan mampu mendukung fungsi kontekstualisasi teori momen gaya. Komponen yang membentuk papan kerja menggunakan alat sederhana agar dapat ditiru oleh siapa saja. Papan kerja ini kemudian diuji secara empiris untuk mengetahui keakuratannya dengan memvariasikan lengan gaya dan beban yang akan digunakan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai momen gaya akan semakin besar jika nilai lengan gaya dan beban semakin besar. Bukti ini diperoleh dengan adanya selisih positif nilai momen gaya antara lengan gaya 0,09 m dan lengan gaya 0,075 m, pada benda bermassa 25 gram sebesar 0,00344 Nm, benda bermassa 105 gram sebesar 0,0107 Nm, dan bermassa 210 gram sebesar 0,0334 Nm. Secara umum, papan kerja sederhana yang dikembangkan mampu membuktikan teori momen gaya yang sebanding dengan besarnya gaya, dengan tingkat kesalahan relatif sebesar 5,45%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bambang, S. 2018. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Memanfaatkan Bahan Bekas untuk Guru Sekolah Dasar pada Anggota Gugus 2 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal Abdinus, 1(2), 96-106. Retrieved from: https://doi.org/10.29407/ja.v1i2.11738
Desy, D., Desnita, D., & Raihanati, R. 2015. Pengembangan Alat Peraga Fisika Materi Gerak Melingkar Untuk SMA. In Seminar Nasional Fisika Universitas Negeri Jakarta (pp. 39-44): Jakarta.
Dewi, A. R., Wati, M., & Mastuang, M. 2019. Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Tekanan untuk Siswa SMP dalam Melatih Keterampilan Proses Sains. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 43-52. Retrieved from: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5806
Didik, L. A. 2019. Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Listrik Magnet dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 3(2), 70-74. Retrieved from: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i2.25321
Dul, S. A., Bernadino, A., & Nur, M. H. 2017. Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Momentum: Physics education Journal, 1(2), 140-147. Retrieved from: http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/momentum/index
Giancoli, D. C. 1998. Fisika Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Hartani, S., Dewantara, D., & Mahtari, S. 2018. Pengembangan Alat Peraga Fisika Energi Melalui Perkuliahan Berbasis Project Based Learning. Jurnal Vidya Karya, 33(1), 42-50. Retrieved from: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v33i1
Hasbi, M. A., Kosim, K., & Gunawan, G. 2015. Pengembangan Alat Peraga Listrik Dinamis (APLD) Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 57–67. Retrieved from: http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/6
Indarti, I., Prasetyo A. N., & Hilmina, N. S. 2016. Fisika: Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam SMA/MA Kelas XI. Surakarta: CV. Mediatama.
Kalvaitis, A. 2015. Teaching Aids in General Education Schools: Provision and Usage. Jurnal Pedagogika, 119(3), 73-81. Retrieved from: https://doi.org/10.15823/p.2015.02
Maharani, M., Wati, M., & Hartini, S. 2017. Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Usaha dan Energi untuk Melatihkan Proses Sains Melalui Model Inquiry Discovery Learning. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 351-367. Retrieved from: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v5i3.4043
Martala, S., Sari, U. L., & Raudhah, A. 2018. Peningkatan Keterampilan Mahasiswa dalam Pengelolaan Sampah Organik untuk Mewujudkan Green Kampus di Universitas Lancang Kuning. Jurnal Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 193-196. Retrieved from: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i2.1392
Muswahidah, V. N., & Subiki, S. B. 2015. Penerapan Model Learning Cycle 7E Berbantu Alat Peraga Tiga Dimensi (3D) Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 219-223. Retrieved from: https://core.ac.uk/download/pdf/291838255.pdf
Nugroho, Y. E. 2018. Pembuatan Motor Listrik dan Pembangkit Listrik Tenaga Angin untuk Meningkatkan Kompetensi Keajaiban Sains Lorentz-Faraday. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 104-112. Retrieved from: https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.2995
Oktafiani, P. 2017. Pengembangan Alat Peraga Kit Optik Serbaguna (AP-KOS) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 189-200. Retrieved from: http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14496
Peciuliauskiene, P., & Dagys, D. 2016. The Physics Experiment Activity of New (Z) Generasi Student: Motivation and Interpersonal Interaction. Jurnal Pedagogika, 122 (2), 110-123. Retrieved from: https://doi.org/10.15823/p.2016.24
Prasetyarini, A. 2013. Pemanfaatan Alat Peraga IPA untuk Peningkatan Pemahaman
Konsep Fisika Pada Siswa SMP Negeri I Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran
/2013. RADIASI: Jurnal Radiasi: Berkala Pendidikan Fisika, 2(1), 7–10. Retrieved from: http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/370
Rismatul, A., Yuliati, L., & Latifah, E. 2015. Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44-50. Retrieved from: https://doi.org/10.26740/jpfa.v5n2.p44-50
Sahara, L., Fayanto, S., Nafarudin, N., & Tairjanovna, B. A. 2020. Analysis of Improving Students' Physics Conceptual Understanding Through Discovery Learning Models Supported by Multi-Representation: Measurement Topic. Journal Indonesian Review of Physics, 3(2), 57-65. Retrieved from: https://doi.org/10.12928/irip.v3i2.3064
Septia, W., & Elfi, R. 2019. Pelatihan Penggunaan Cabri 3 D Pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dam Pendidikan MIPA. 3(1), 1-3. Retrieved from: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i1.21958
Sudarmini, Y., & Hadiwijaya, A. S. 2015. Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Menggunakan LKS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 1-14. Retrieved from:https://doi.org/10.29303/jppipa.v1i1.4
Suprayanti, I., Ayub, S., & Rahayu, S. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 5 Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1), 30-35. Retrieved from:http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/285
Suyoso, S., Subroto, S., & Istiyono, E. 2017. Pelatihan KIT Alat Fluida Bergerak untuk Guru SMA/MA Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 1(1), 12-16. Retrieved from: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i1.12968
Tipler, P. A. 2001. Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga.
Wulantri, W., & Syamsuri, A. 2018. Pengembangan Alat Peraga Fisika Materi Induksi Elektromagnetik di Kelas XII SMA. Jurnal Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 179-185. Retrieved from: https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3592
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v9i2.18766
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats