• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • ANALISIS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN BLENDED PROBLEM BASED LEARNING (B-PBL) | Susanti | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    ANALISIS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN BLENDED PROBLEM BASED LEARNING (B-PBL)

    Ernita Susanti, Yanti Sofi Makiyah

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Pemecahan Masalah (KPM) mahasiswa pendidikan fisika pada pembelajaran Blended Problem Based Learning (B-PBL) dan mengetahui pengaruh model B-PBL terhadap KPM mahasiswa pendidikan fisika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah mekanika tahun akademik 2022/2023 dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes KPM dalam bentuk uraian dengan jumlah 5 soal uraian yang meliputi 4 indikator KPM dengan materi kinematika, dinamika dan gerak harmonik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan KPM berdasarkan N-Gain dan B-PBL sangat efektif dalam meningkatkan KPM berdasarkan hasil perhitungan effect size. Hasil uji hipotesis juga menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara KPM yang menerapkan model B-PBL dengan KPM yang menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran B-PBL berpengaruh signifikan terhadap KPM mahasiswa pendidikan fisika dengan rata-rata setiap indikator KPM berada pada kategori sangat baik.

    Keywords


    Blended Problem Based Learning, Keterampilan Pemecahan Masalah

    Full Text:

    PDF

    References


    Amin, A. K., Degeng, N. S., Setyosari, P., & Djatmika, E. T. (2021). The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(1), 119–141. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I01.17437

    Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, p. 172. Retrieved from http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880

    Aspiandi, H., Zubaidah, R., & Nursangaji, A. (2020). Deskripsi Keterampilan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(11), 1–8.

    Christina, E. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Tahapan Polya Dalam Menyelesaikan Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 04(02), 405–424. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.405-424

    Diana, R., & Makiyah, Y. S. (2021). The Effectiveness of Student Worksheets (LKPD) Based on The Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Problem-Solving Skills in Multiple Gap Interference Material. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 48–54.

    Duda, H. J., Susilo, H., & Newcombe, P. (2019). Enhancing different ethnicity science process skills: Problem-based learning through practicum and authentic assessment. International Journal of Instruction, 12(1), 1207–1222. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12177a

    Hamdani, A. R. (2015). Pengaruh Blendedmodel Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Daur Air. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 48–66.

    Hudha, M. N., Aji, S., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36–51. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830

    Isnaini, N., Ahied, M., Qomaria, N., & Munawaroh, F. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Polya Pada Siswa Kelas Viii Smp Ditinjau Dari Gender. Natural Science Education Research, 4(1), 84–92. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8489

    Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 1–20.

    Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1076. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3069

    Ozkan, G., & Umdu Topsakal, U. (2021). Analysis of Turkish Science Education Curricula’s Learning Outcomes According to Science Process Skills. Mimbar Sekolah Dasar, 8(3), 295–306. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v8i3.35746

    Polya, G. (1978). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. The Mathematical Gazette, Vol. 30, p. 181. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/3609122?origin=crossref

    Qalbi, Z., & Saparahayuningsih, S. (2021). Penggunaan Blended-Problem Based Learning di Masa Covid-19 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Kreativitas dan Keberbakatan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 1–11.

    Riantoni, C., Yuliati, L., Mufti, N., & Nehru. (2017). Problem Solving Approach in Electrical Energy and Power on Students as Physics Teacher Candidates. 6(1), 55–62. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8293

    Rizqa, A., & Harjono, A. (2020). MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN POST. 6, 243–247.

    Setianingrum, L., Perno, & Sutopo. (2016). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMK. 37–42.

    Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuanti tatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

    Sujarwanto, E., Hidayat, A., & Wartono. (2014). Keterampilan pemecahan masalah fisika pada modeling instruction pada siswa sma kelas xi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 65–78. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2903

    Sujarwanto, Eko, Susanti, E., & Makiyah, Y. S. (2022). Bagaimana Sikap dan Pendekatan Transitional Novice Terhadap Penyelesaian Masalah Fisika? Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), 40–47. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i1.30602

    Suratno, Kamid, & Sinabang, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(1), 127–139. https://doi.org/10.38035/JMPIS

    Susanti, E., Maulidah, R., & Makiyah, Y. S. (2021). Analysis of problem-solving ability of physics education students in STEM-based project based learning. Journal of Physics: Conference Series, 2104(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2104/1/012005

    Triyanto, S. A., Susilo, H., & Rohman, F. (2016). Penerapan Blended-Problem Based Learning dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1252–1260.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i1.19294

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats