PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MATERI TEORI KINETIK GAS MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Listianingsih Listianingsih, Riki Perdana

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan perangkat pembelajaran fisika materi teori kinetik gas model inquiry learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan jenis pengembangan 4-D terdiri dari tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap desseminate. Instrumen yang digunakan dalam tahap develop berupa instrumen angket kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, LKPD, dan instrumen tes. Hasil pengisian angket tersebut dianalisis menggunakan skala Likert lalu dikategorikan dalam rentang skor kumulatif kelayakan produk. Hasil penelitian yang diperoleh melalui uji kelayakan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran RPP diperoleh persentase rata-rata 92% dengan kategori sangat layak, perangkat LKPD diperoleh persentase rata-rata 90% dengan kategori sangat layak, dan perangkat instrumen tes diperoleh persentase 95% dengan kategori sangat layak. Kesimpulan, perangkat pembelajaran fisika model inquiry learning sangat layak digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran dengan penyajian yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi teori kinetik gas.


Keywords


Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Teori Kinetik Gas, Inquiry Learning, Pemahaman Konsep

References


Agustina, M., Yushardi, Y., & Lesmono, A. D. (2018). Analisis Penguasaan Konsep-Konsep Teori Kinetik Gas Menggunakan Taksonomi Bloom Berbasis Hots pada Siswa Kelas Xi Ipa di Man Jember. Jurnal pembelajaran fisika, 7(4), 334-340.

Anri, Y., Maknun, J., & Chandra, D. T. (2018). Analysis of Senior High School Student Understanding on Gas Kinetic Theory Material. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1013/1/012058

Aristaningrum, P., Lestyanto, L. M., & Hakiki, R. N. (2022, July). Pengembangan Lkpd Berbasis Guided Discovery Learning untuk Memahamkan Konsep Peserta Didik pada Materi Prisma. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya (SNMP), Universitas Negeri Malang, Malang.

Ashar, H., & Hufaini, A. M. F. (2021). Identifikasi Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Teori Kinetik Gas dengan Menggunakan Certainty of Response Index (Cri) pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 12 Makassar. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 113-119.

Azizah, B. M. N., Rokhmat, J., Sutrio, S., & Susilawati, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Kausalitik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1219-1228. DOI: 10.29303/jipp.v7i3.707

Bahri, S., Syamsuri, I., & Mahanal, S. (2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati dan Virus Berbasis Model Inkuiri Terbimbing untuk Siswa Kelas X MAN 1 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 127 – 136. DOI: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6113.

Barra, W. N. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Teori Kinetik Gas Pada Siswa Kelas XI MA Nurul Ummah Yogyakarta. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Dumaini, N. K. D., Putrayasa, I. B., & Widiana, I. W. (2022). Pengembangan Instrument Penguasaan Konsep IPA dan Self Efficacy pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 6(1), 45-56.

Entino, R., Hariyono, E., & Lestari, N. A. (2022). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas pada Materi Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 177-182. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.177-182.

Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Model POE2WE Pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(1), 75-82. DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1731.

Khairani, B. P., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1578-1587.

Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja peserta didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.

Komala, R., & Hasbullah, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA (Eksperimen pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Karawang). ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2), 75-80.

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(2), 241-251. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557.

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664.

Nuraini, S. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 1-8.

Oktharia, E., Rudibyani, R. B., & Sofia, E. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan untuk Mengukur Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(1), 74-85.

Perdiyanto, H., & Julianto. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Materi Energi Alternatif di SDN Ngastemi I Bangsal Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(13), 2468-2477.

Sahidu, C. (2019). Evaluasi Pembelajaran Fisika. Mataram: FKIP Press.

Saputri, S. W., Verawati, N. N. S. P., & Gunada, I. W. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1684-1691. DOI: 10.29303/jipp.v7i3b.802.

Suhartini. E, Supardi. I, & Agustini, R. 2016. Pengembangan Perangkat Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemempuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(2), 892-902. DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v5n2.p892-902.

Suganda, E., Latifah, S., Irwandani, Sari, P. M., Rahmayanti, H., Ichsan, I. Z., & Rahman, M. (2021). STEAM and Environment on Students’ Creative-Thinking Skills: A Meta-Analysis Study. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012101. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012101.

Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2018). Keefektifan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inquiry Lesson untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 49-60. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.17836.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. DOI: https://doi.org/10.17605/OSF.IO/8Q9VY.

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulia, I., Connie, C., & Risdianto, E. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 64-70, DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.64-70.

Zahroh, V. R. A., Ibrohim, I., & Sueb, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Berbasis Tambak Air Tawar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(1), 54-60. DOI: https://doi.org/10.17977/um067v1i1p54-60.

Zani, R., Safitri, R., & Adlim. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(2), 56–63. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.11622.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: CV Mitra Karya.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i1.19990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://biologi.ui.ac.id/wp-content/themes/idnslot/ https://biologi.ui.ac.id/products/mpo-slot/ https://uptikayu.disperindag.jatimprov.go.id/uploads/ dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online slot online