MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI PROBLEM-BASED LEARNING DIPADU STEM DI SEKOLAH PENGGERAK

Fitriyani Fitriyani, Suyidno Suyidno, Riki Perdana

Abstract


Literasi sains termasuk salah satu kompetensi utama di era industri 4.0. Namun, penguasaan literasi sains peserta didik di sekolah adalah masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan modul ajar guru dengan problem-based learning dipadu STEM (STEM-PBL) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada kurikulum prototipe di sekolah penggerak. Penelitian ini adalah bagian dari penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE, yang masih pada tahap analisis, desain, dan develop. Pengumpulan data menggunakan instrumen validasi modul ajar guru; meliputi RPP, materi ajar, LKPD, dan tes literasi sains. Hasil penelitian diperoleh nilai validitas dan reliabilitas untuk RPP (3,33;0,68), materi ajar (3,28;0,77), LKPD (3,27;0,75) dan tes literasi sains (2,92;0,77); yang memenuhi kriteria valid dan reliabel. Dengan demikian, modul ajar guru dengan STEM-PBL adalah layak untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada kurikulum prototipe di sekolah penggerak.


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., & Wisudawati, A. W. (2018). Pengembangan instrumen tes berbasis literasi sains: menilai pemahaman fenomena ilmiah mengenai energi. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5, 112–121.

Agnezi, L. A., Khair, N., & Yolanda, S. (2019). Analisis sajian buku ajar fisika SMA kelas X semester 1 terkait komponen Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM). Jurnal Eksakta Pendidikan, 3, 167–175.

Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Pt. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1), 42–60. https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.837

Agustin, S., Asrizal, & Festiyed. (2021). Analisis effect size pengaruh bahan ajar IPA bermuatan literasi sains terhadap hasil belajar siswa SMP/MTS. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 5, 125–137.

Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Andriani, N., Saparini, S., & Akhsan, H. (2018). Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa Kelas VII Di Sumatera Selatan Menggunakan Kerangka PISA (Program For International Student Assessment). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6, 279.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi revisi. PT Rineka Cipta.

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review (CER), 1, 90–114.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajaran IPA terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5, 1–13.

Damayanti, D. S. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi listrik dinamis SMA Negeri 3 Purworejo kelas x tahun pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3, 58–62.

Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Gava Media.

Fahmi, M., & Saleh, D. R. (2017). Kesesuaian aspek kebahasaan BSE bahasa Indonesia SMP terhadap standar isi. Jurnal Linguistik, 1, 79–86.

Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. (2017). Integrasi problem based learning dalam STEM education berorientasi pada aktualisasi literasi lingkungan dan kreativitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1, 198–206.

Furqoniyah, Q., Subiki, & Maryani. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam Pembelajaran Fisika Pemanasan Global Di SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 76–84.

Gimo, & Nugrahani, F. (2019). Analisis butir soal ulangan akhir semester (UAS) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI sekolah menengah kejuruan negeri 1 Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Stilistika, 5, 35–46.

Herak, R. (2021). Peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII materi sistem ekskresi melalui pengaruh model STEM. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4, 127–134.

Imania, K. A. N., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5, 31–47.

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. 640–647. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282

Kereh, C. T., Liliasari, Tjiang, P. C., & Subandar, J. (2015). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Matematika Dasar yang Berkaitan dengan Pendahuluan Fisika Inti. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 36–46.

Khairiyah, N. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering dan Mathematics (STEM). Spasi Media.

Kurnia, F., Zulherman, & Fathurohman, A. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI Di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43–47.

Lesmono, A. D., Nuraini, L., & Putri, Y. E. E. (2022). Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan STEM pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 9, 42–50.

Linder, A., Airey, J., Mayaba, N., & Webb, P. (2014). Fostering disciplinary literacy? South African physics lecturers’ educational responses to their students’ lack of representational competence. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 18(3), 242–252. https://doi.org/10.1080/10288457.2014.953294

Mentari Darma Putri. (2021). Identifikasi kemampuan literasi sains siswa di SMP Negeri 2 Pematang Tiga Bengkulu Tengah. Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 4(01), 9–17. https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v4i01.3610

Nuriana, Abdussamad, & Syambasril. (2015). Kualitas butir soal ulangan umum Bahasa Indonesia semester 1 kelas XI MAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 4, 1–10.

Pendidikan, P. P. (2017). Panduan penulisan soal 2017. Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Indonesia.

Permanasari, A. (2016). STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains Dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian & Pengembangan Dalam Menghadapi Tantangan Abad-21” Surakarta, 22 Oktober 2016, 23–34.

Prastika, M. D. (2019). Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Pbm ) Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Dan Sikap Ilmiah Banjarmasin.

Purwanti, S., & Sholihah, M. (2021). Pengembangan LKPD elektronik dengan pendekatan STEM berbasis project-based learning materi energi dan pemanfaatannya. Jurnal Taman Cendekia, 5, 670–685.

Putri, C. D., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem based learning terintegrasi STEM di era pandemi COVID-19 untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 4, 193–204.

Rahayu, G., Khoiri, A., & Firdaus, F. (2022). Integrasi Budaya Lokal (Bundengan) pada Pembelajaran Gelombang dan Bunyi untuk Meningkatkan Sikap Cinta Tanah Air dan Literasi Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6, 118.

Rarastika, N. (2022). Penggunaan teknologi QR Code dalam pembelajaran tematik: penelitian pengembangan bahan ajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(94–104).

Ridho, M. H., Wati, M., Misbah, & Mahtari, S. (2020). Validitas bahan ajar gerak melingkar berbasis authentic learning di lingkungan lahan basah untuk melatih keterampilan pemecahan masalah. Journal of Teaching and Learning Physics, 5, 87–98.

Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). model pembelajaran problem solving dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1, 34–41.

Simatupang, H., & Purnama, D. (2019). Handbook best practice strategi belajar mengajar (Surabaya). Pustaka Media Guru.

Suciati, R., & Astuti, Y. (2016). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mahasiswa Calon Guru Biologi. Edusains, 8 (2), 192–200.

Suryadien, D., Rusmiati, D., & Dewi, A. A. (2022). Rencana implementasi kurikulum prototipe pada masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal PGMI Universitas Garut, 1, 27–34.

Susanti, Asyhari, A., & Firdaos, R. (2019). Efektivitas LKPD terintegrasi nilai islami pada pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2, 64–78.

Sutrisna, N. (2021). Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683.

Suyidno, S., & Jamal, M. A. (2012). Strategi belajar mengajar. P3AI Universitas Lambung Mangkurat.

Syahmani, Hafizah, E., & Sauqina. (2021). Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis lahan basah pada literasi sains siswa. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6.

Tripripa, A., Amir, H., & Rohiat, S. (2020). Pengembangan modul larutan penyangga berbasis pendekatan terpadu STEM (science, technology, engineering and mathematics). Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 4, 16–24.

Wahyu, E., Fathurohman, A., & Siahaan, S. M. (2016). Analisis Buku Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP/MTS Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3, 14–24.

Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi program pembelajaran.

Wijaya, A., Mustofa, M. S., Husain, F., Ramadhani, S., & Khomsa, F. N. (2021). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2(1), 46–47.

Yasini, A. B., & Suryaman, M. (2019). Penggunaan authentic materials dan created materials berbasis cooperative script dalam pembelajaran membaca.

Yulianti, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3, 22.

Zakiyah, F., & Yonata, B. (2021). Pengembangan LKPD berorientasi guided discovery learning dengan internet assisted learning untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3, 46–55.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i2.23022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats