PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN AKTIFITAS MAHASISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING MEDIA ANIMASI | Pathoni | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN AKTIFITAS MAHASISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING MEDIA ANIMASI
Haerul Pathoni
Abstract
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) pada mahasiswa Program Guru MIPA Unggulan (PGMIPA U) Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi pada mata kuliah fisika Dasar Tahun akademik 2014/2015 Program semester pendek. Rendahnya nilairata-rata ujian mid ataupun ujian semester mahasiswa PGMIPA U pada perkuliahan fisika dasar sebelumnya menjadi salah satu latar belakang penelitian ini. Jika dianalisis lebih lanjut, pemahaman mahasiswa tentang konsep fisika khususnya fisika dasar masih jauh dibawah standar. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan aktifitas mahasiswa dengan model Pembelajaran inqury terbimbing media animasi  pada mata kuliah fisika dasar prodi pendidikan fisikaprogram semester pendek tahun 2014/2015. Hasil dari penelitian ini yakni terjadi peningkatan pemahaman konsep fisika mahasiswa untuk siklus I, siklus II, dan siklus III. Hal ini dapat dilihat pada nilai pre-test dan nilai post test pada setiap siklusnya. Selain itu, peningkatan juga diikuti dengan peningkatan aktifitas mahasiswa pada siklus I sebesar 66,67%, siklus II 66,67%, dan siklus III 78,33%.
Keywords
Konsep fisika,model inquiry terbimbing, aktifitas mahasiswa