PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ICT PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Ketang Wiyono

Abstract


Telah berhasil dikembangkan model pembelajaran fisika berbasis ICT pada implementasi kurikulum 2013 yang valid dan prkatis. Produk yang dihasilkan berupa multimedia interaktif model drill, tutorial, simulasi dan instructional games. Penelitian ini menggunakan metode Development Research model Rowntree dan menggunakan evaluasi Tessmer. Instrumen yang digunakan berupa angket pada validasi ahli dan evaluasi one to one serta evaluasi small group. Berdasarkan penilaian dari ahli, rata-rata total hasil validasi untuk keempat produk yang dikembangkan berada pada 86 ≤ HVA ≤ 100. Nilai HVA tersebut termasuk dalam kategori sangat valid. Berdasarkan angket yang diisi pada saat evaluasi one to one dan evaluasi small group, rata-rata total keempat produk berada pada 70 ≤ HEOS ≤ 86 dan dinyatakan praktis. Disimpulkan bahwa model pembelajaran fisika berbasis ICT berupa multimedia interaktif model drill, tutorial, simulasi dan instructional games pada mata pelajaran fisika telah dikembangkan valid dan praktis.

Keywords


Model Pembelajaran ICT, Kurikulum 2013



DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v2i2.2613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats