STUDI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA SUB KONSEP RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PALEMBANG

Melly Ariska

Abstract


Telah dilakukan studi pemahaman konsep siswa terhadap siswa SMA Negeri 1 Palembang tentang konsep Rangkaian Listrik Arus Searah. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang pemahaman konsep siswa pada sub konsep rangkaian listrik arus searah kelas XI di SMA Negeri 1 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode deskriptif. Pemahaman siswa tentang energi listrik sudah baik. Siswa masih cenderung mengalami miskonsepsi pada konsep daya listrik mengenai perbandingan daya listrik dalam suatu rangkaian yang berbeda yaitu sebanyak 53% siswa kelompok baik dan sebanyak 94% siswa kelompok biasa. Konsep arus listrik mengenai perbandingan arus listrik yang mengalir pada dua tipe rangkaian yang berbeda yaitu sebanyak 71% siswa kelompok baik dan 88% siswa kelompok biasa, dan konsep rangkaian hambatan mengenai susunan rangkaian parallel yang tepat yaitu sebanyak 94% siswa kelompok baik dan sebanyak 76% siswa kelompok biasa. Kecenderungan siswa yang tidak paham konsep baik siswa kelompok baik dan kelompok biasa terdapat pada konsep arus listrik mengenai mengurutkan nilai arus dari yang tertinggi ke yang terendah dalam suatu rangkaian yaitu sebanyak 76% siswa kelompok baik dan sebanyak 97% siswa kelompok biasa. Tes rangkaian listrik arus searah dengan metode Certainty of Response Index (CRI) dapat digunakan untuk mengidentifikasi siswa yang mengalami miskonsepsi, siswa yang memahami konsep, dan siswa yang tidak paham konsep. Pemahaman konsep siswa kelompok baik mengenai konsep rangkaian listrik arus searah lebih baik dibandingkan siswa kelompok biasa.

Keywords


Pemahaman, Konsep, Certainty of Response Index (CRI)



DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v2i2.2616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats