PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION OBSERVATION EXPLANATION) DAN EIA (EXPLORATION INTRODUCTION APPLICATION) PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BANJARMASIN | Annur | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION OBSERVATION EXPLANATION) DAN EIA (EXPLORATION INTRODUCTION APPLICATION) PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BANJARMASIN
Syubhan Annur
Abstract
Pembelajaran konvensional pada mata pelajaran fisika di SMAN 4 Banjarmasin yang masih berpusat pada guru membuat siswa menjadi pasif, akibatnya pembelajaran menjadi tidak berkualitas sehingga berdampak kepada hasil belajar yang kurang memuaskan. Diperlukan adanya suatu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran POE dan EIA adalah model pembelajaran yang kegiatannya berpusat pada siswa, dan dipandang dapat mengembangkan potensi siswa guna meningkatkan hasil belajarnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan model pembelajaran POE (Prediction Observation Explanation) dan  EIA (Exploration Introduction Application) pada siswa kelas XI IPA SMAN 4 Banjarmasin. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest posttest comparison. Penelitian ini menggunakan kelas XI IPA sebagai populasi, lalu dengan menggunakan teknik cluster random sampling, peneliti menetapkan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji t pada nilai posttest sampel. Uji t menghasilkan nilai t hitung sebesar 3,80 yang lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 1,99 sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan model pembelajaran POE dan model pembelajaran EIA pada siswa kelas XI IPA SMAN 4 Banjarmasin.