PENGEMBANGAN SOAL MODEL PISA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU KONTEN FISIKA UNTUK MENGETAHUI PENALARAN SISWA KELAS IX | Sinaga | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
PENGEMBANGAN SOAL MODEL PISA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU KONTEN FISIKA UNTUK MENGETAHUI PENALARAN SISWA KELAS IX
Tarida Sinaga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan soal IPA konten fisika model PISA yang valid, praktis, reliabel, dan  mengetahui efek potensial soal IPA konten fisika model PISA terhadap kemampuan penalaran siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) dengan tipe Formative evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama(SMP) Negeri 3 Gelumbang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah walkthrough untuk mengetahui validitas soal secara konten, konstruk dan bahasa, dokumentasi dan wawancara untuk mengetahui kepraktisan soal dan tes untuk mengetahui efek potensial soal IPA konten fisika model PISA terhadap kemampuan penalaran siswa kelas IX SMP. Dari analisis data disimpulkan bahwa penelitian menghasilkan: (1) produk soal IPA konten fisika model PISA untuk mengetahui penalaran siswa kelas IX sebanyak 15 soal berbentuk soal pilihan ganda dan uraian yang memiliki karakteristik soal penalaran PISA yang valid dan praktis, reliabel (2) Soal IPA konten fisika model PISA untuk mengetahui penalaran siswa kelas IX yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap kemampuan penalaran siswa kelas IX. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil jawaban siswa. Selain itu berdasarkan wawancara diperoleh bahwa dengan siswa belum terbiasa mengerjakan soal IPA konten fisika model PISA ini
Keywords
penelitian pengembangan, soal IPA konten fisika model PISA, penalaran