EFEKTIVITAS PENERAPAN LEARNING JOURNAL PADA POKOK BAHASAN OPTIKA GEOMETRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA

Dinna Fitria, Nely Andriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan learning journal pada pokok bahasan optika geometri kelas X SMAN 1 Indralaya Utara. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalahdeskriptif kuantitatif. Sampel diambil dengan penentuan subjek ini berdasarkan pertimbangan dari guru fisika SMA Negeri 1 Indralaya Utara yaitu siswa kelas X MIA 2 berjumlah 30 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan yaitu satu kali pretest, 3 kali treatment dan 1 kali posttest. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukan bahwa persentase learning journal pada setiap pertemuan yaitu pada pertemuan pertama sebesar 69,3%, pertemuan kedua sebesar 84,6% dan pertemuan ketiga sebesar 86% baik secara keseluruhan pada jumlah maupun persentase tiap siswa mengalami peningkatan pada jumlah kriteria untuk pertanyaan yang ada pada learning journal dan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 76,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan learning journal dalam pembelajaran fisika pada materi Optika geometri di kelas X SMAN 1 Inderalaya Utara efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa baik kognitif dan afektif.

Keywords


Efektivitas, Learning journal, Hasil belajar



DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v3i1.3422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats