EFEKTIVITAS PENERAPAN LEARNING JOURNAL PADA POKOK BAHASAN OPTIKA GEOMETRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan learning journal pada pokok bahasan optika geometri kelas X SMAN 1 Indralaya Utara. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalahdeskriptif kuantitatif. Sampel diambil dengan penentuan subjek ini berdasarkan pertimbangan dari guru fisika SMA Negeri 1 Indralaya Utara yaitu siswa kelas X MIA 2 berjumlah 30 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan yaitu satu kali pretest, 3 kali treatment dan 1 kali posttest. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukan bahwa persentase learning journal pada setiap pertemuan yaitu pada pertemuan pertama sebesar 69,3%, pertemuan kedua sebesar 84,6% dan pertemuan ketiga sebesar 86% baik secara keseluruhan pada jumlah maupun persentase tiap siswa mengalami peningkatan pada jumlah kriteria untuk pertanyaan yang ada pada learning journal dan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 76,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan learning journal dalam pembelajaran fisika pada materi Optika geometri di kelas X SMAN 1 Inderalaya Utara efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa baik kognitif dan afektif.
Keywords
Efektivitas, Learning journal, Hasil belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v3i1.3422
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.
p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :