PENGEMBANGAN BUKU KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI MATERI OPTIKA GEOMETRI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS
Feranita K Haloho, Ketang Wiyono
Abstract
Telah berhasil dikembangkan buku kerja siswa berbasis inkuiri pada mata pelajaran fisika materi optika geometri yang valid dan praktis untuk SMA kelas X. Proses pengembangan bahan ajar ini melalui langkah-langkah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan produk Rowntree, meliputi: (1) tahap perencanaan yakni analisis kebutuhan dan perumusan tujuan pembelajaran, (2) tahap pengembangan yakni pengembangan topik, penyusunan draf, produksi prototipe dan (3) tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi, peneliti menggunakan model evaluasi formatif Tessmer yaitu: (1) self evaluation; (2) expert review; (3) one-to-one dan (4) small group. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa walkthrough, angket tanggapan siswa dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar menunjukkan bahwa rerata penilaian validator sebesar 81,13 % (kategori sangat valid). Hasil angket tanggapan siswa pada tahap one-to-one menunjukkan persentase rerata sebesar 83,20% (kategori sangat praktis) dan pada tahap small group menunjukkan persentase rerata sebesar 88,18% (kategori sangat praktis). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa buku kerja siswa berbasis inkuiri pada materi optika geometri kelas X Sekolah Menengah Atas yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.
Keywords
Penelitian pengembangan, Buku kerja siswa, Inkuiri, Optika geometri