PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMPULKAN HASIL PERCOBAAN SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG LUBUK
Kurnia Saputri, Murniati Murniati
Abstract
Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model problem based learning terhad ap keterampilan menyimpulkan hasil percobaan siswa di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung l Lubuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain non equivalent control group design. Popoulasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk dan sampel penelitian ini adalah kelas kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol pada semester genap tahun ajaran 2014-2015. Proses pembelajaran di kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan di kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal pilihan ganda beralasan sebanyak 9 soal untuk mengukur keterampilan menyimpulkan siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 76 dan rata-rata rata-rata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 70. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung = 2,95 sedangkan ttabel = 1,99, terlihat bahwa thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menyimpulkan hasil percobaan siswa pada pembelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk.
Keywords
Model Problem Based Learning, Keterampilan menyimpulkan, Pembelajaran fisika